Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Viral, Durian Segenggaman Tangan dan Rambutan Tanpa Rambut di Kalimantan

SEORANG pegawai negeri sipil di Kalimantan Selatan membagikan foto-foto buah-buahan, yang sebagian berasal dari pohon langka di hutan dekat tempat tinggalnya lewat akun Facebook dan Instagramnya.

Unggahan foto dari pria bernama Hanif Wicaksono itu menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu. Foto itu disebarkan lebih dari 7.000 kali dan disukai lebih dari 4.500 kali.

Meski buah-buahan itu tampak seperti durian, namun sebenarnya bukan. Dalam cuitan selanjutnya disebut bahwa buah-buah itu, “…menurut yang tukang foto, nama-nama buah di atas adalah Mahrawin, Karantungan, Lahung, Pampakin, Kalih dan Trako.”

Foto yang diunggah oleh akun @manusiasuper itu berasal dari akun Facebook Hanif Wicaksono yang memang dalam beberapa tahun terakhir sering mengunggah foto-foto buah-buahan hutan asal Kalimantan.

Sejak 2012, dalam pekerjaan sehari-harinya sebagai pegawai BKKBN yang berpindah-pindah tugas di Kalimantan Selatan, Hanif kerap mencari pohon-pohon dan buah-buahan hutan yang tak pernah ditemuinya di Pulau Jawa.

“Awalnya memang karena penasaran. Saya ini kan hitungannya pendatang. Saya ke Kalimantan, saya lihat buah-buah, ini apa? Banyak orang ternyata hanya tahu buahnya saja, tapi ketika saya tanya mana sih tanamannya? Ternyata banyak yang tidak tahu,” kata Hanif

Karena penasaran dengan pohon buah-buahan tersebut, dia berjalan berkeliling masuk ke hutan untuk mencarinya. Awalnya, Hanif tinggal di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. “Awalnya memang sulit, karena buah-buah hutan itu adanya jauh di pedalaman,” kata Hanif.

Baca juga:  Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Anda Panjang Umur

Namun, ekspedisi kecil-kecilan pencarian buah-buah hutan yang dilakukan Hanif mulai mendapat hasil ketika dia kemudian pindah berdinas di Desa Marajai, di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Tempat Hanif kini tinggal dan berdinas itu berbatasan dengan hutan sekunder yang kaya dengan pohon buah-buahan hutan tersebut. Dalam lima tahun menjalani hobi mengumpulkan buah-buahan hutan, Hanif bisa menemukan kurang lebih 120 sampai 150 jenis buah yang membuatnya merasa tertantang untuk mendokumentasikannya.

Saya ingin orang tahu, bahkan orang di sini pun tidak tahu buah apa yang saya kumpulkan, apalagi orang di luar Kalimantan. Saya lihat di pasar, paling apel, anggur, kan tidak ada yang ditanam di Kalimantan. Aneh juga, padahal buah di Kalimantan itu luar biasa,” kata Hanif.

“Misalnya buah keledang, itu banyak di sekitar rumah, tapi tidak sampai ke pasar, karena antara itu habis dimakan tupai atau dimakan keluarga,” imbuhnya.

(Sumber: Okezone)

Tags: