Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

VIRAL! Boca Ini Berperilaku Seperti Anjing

GORONTALO – Rionaldo Jafar, bocah asal Gorontalo, Sulawesi Utara ini memiliki perilaku aneh. Bocah berusia empat tahun ini memiliki kebiasaan dan kerap bertingkah seperti anjing.

Dugaan sementara, perilaku Rio itu karena dia pernah digigit anjing dan sering berinteraksi dengan hewan tersebut. Hal itu diungkapkan dokter Lenny Samsudin, psikolog asal rumah sakit (RS) dokter Ainun Habibie, Limboto.

Menurut Lenny, dari hasil observasi sementara dengan melihat kondisi Rio dan juga wawancara orang tuanya, perilaku tidak normal bocah tersebut kemungkinan disebabkan oleh dua hal yakni, yang pertama riwayat kesehatan Rio yang pernah digigit anjing dan tidak pernah diobati. Kedua, faktor lingkungan karena sejak kecil Rio hanya berinteraksi dengan anjing kesayangannya.

“Kita telusuri lebih dulu. Menurut orang tuanya, akhir 2017, Rio mulai mirip kelakuanya dengan anjing dan dia kerap beraktivitas dengan anjing,” katanya seusai mengujungi Rio, Minggu (25/3/2018).

Dia mengatakan, perilaku aneh Rio tersebut bisa disembuhkan seperti semula dengan terapi yang stimulan agar perhatiaannya teralihkan seperti memberikan permainan dan yang paling utama menjauhkannya dari anjing kesayangannya atau segala yang ada hubungannya dengan anjing.

“Bisa disembuhkan dengan terapi rutin. Caranya, menjauhkan dia dari hal-hal yang berhubungan dengan anjing dan memberikan mainan agar perhatiannya teralihkan,” katanya.

Tingkah laku Rio yang seperti anjing akhirnya mendapat perhatian dari Pemkab Gorontalo. Rencananya, Senin (26/3/2018), Rio akan rujuk ke rumah sakit (RS) dokter Ainun Habibie Limboto guna menjalani pengobatan.

Baca juga:  5 Hal Penting Saat Mulai Bekerja di Kantor Baru

Kepastian Pemkab Gorontalo akan membantu pengobatan Rionaldo Jafar ini disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Fory Naway saat mengunjungi rumah orang tua bocah tersebut.

Fory sengaja datang untuk melihat langsung kondisi Rio yang bertingkah seperti anjing.
“Kita prihatin dengan kondisi bocah tersebut. Karena itu, kita akan bantu dengan membawa Rio ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan medis sekaligus untuk menjalani terapi pemulihan mental serta kejiwaannya,” kata Fory.

Dia mengatakan, biaya pengobatan Rio ini sepenuhnya akan ditanggung pemkab karena keluarga Rio termasuk dalam kategori ekonomi lemah. “Soal biaya, sepenunya insyaallah gratis. Kebetulan orang tua korban juga kategori ekonomi menengah ke bawah,” tandasnya.

(Sumber: iNews)

Tags: