Ketik pencarian Anda

Chairman Bersyukur di HUT MNC Group ke-29

November 5, 2018

Hary Tanoe Ajak Masyarakat Terus Bantu Korban Bencana Sulteng

October 10, 2018

Peduli dan Berkomitmen Tinggi, MNC Group Raih 4 Penghargaan Top CSR 2018

October 5, 2018

Kunjungi MNC Media, Presiden Jokowi Disambut Jajaran Redaksi

October 30, 2018

Usianya memang masih muda. Masih 22 tahun. Namun, ia punya pikiran yang smart. Ialah Valencia Herliani Tanoesoedibjo, putri dari Bapak Hary Tanoesoedibjo dan Ibu Liliana Tanoesoedibjo. 

Valencia, demikian gadis cantik ini biasa disapa, punya visi yang jelas tentang bagaimana sebaiknya sebuah media digital bergerak. Ia berkaca pada banyak hal yang sudah dan sedang berubah karena industri ini. Ia kemudian dipilih untuk menjadi CEO Assistance Okezone.com. “Saya bertanggung jawab terhadap kegiatan operasional secera keseluruhan. Bukan hanya bagian tertentu saja, tetapi dari hulu ke hilir. Saya juga belajar dari orang-orang cerdas di lingkungan kerja saya,” ungkapnya. 

“Oh, really? Nice to hear people are saying that,” katanya ketika kami menyinggung mengenai antusiasmenya yang luar biasa besar terhadap dunia digital. Lulusan University Of Sydney Australia, ini memang tak berhenti belajar tentang dunia digital. Ia selalu ingin memperdalam wawasannya. 

Valencia Herliani Tanoesoedibjo - CEO Assistance Okezone.com

Tertarik Mendalami Dunia Digital  

Tentu bukan tanpa alasan jika Valencia, demikian ia akrab disapa, memiliki ketertarikan pada industri digital. Industri ini san- at kompleks. Juga sangat cepat. “Semuanya menjadi sangat cepat. Sangat kompetitif. Banyak hal kompleks di dunia digital. Itulah alasan mengapa saya memiliki gairah untuk melompat ke industri ini,” katanya.

Ia melihat bahwa sudah banyak orang dan perusahaan sukses secara global berkat internet. Sebut saja Facebook, Twitter, dan Alibaba. Tidak hanya mendapatkan keuntungan  nansial yang begitu besar, tapi perusahaan-perusahaan itu pun punya pengaruh yang besar terhadap dunia. Itulah alasan mengapa ia ingin terus mendalami pengetahuannya tentang seluk beluk dunia digital. “Saya tidak ingin berdebat tentang pro dan kontra, tetapi saya akan lebih fokus tentang apa yang sebenarnya ter-jadi dalam peralihan industri digital,” tandasnya dengan wajah yang serius.

Ia yakin bahwa jika sebuah media digarap dengan serius, media itu akan besar dan punya pengaruh yang sangat signifikan dalam distribusi informasi. Dan ia yakin bahwa okezone.com bisa menjadi sebuah portal berita yang besar. “My father has built this media empire and I am proud on the achievement of MNC Media, and MNC as a whole, but I am sure that someday, some way, the new media, though may seem relatively small at the moment, will also become a very signi cant part of MNC,” ungkapnya.

Gadis cantik yang sangat suka membaca ini memang punya bakat dan naluri bisnis yang besar. Sudah terasa sejak kecil. Dan ia belajar banyak hal dari kedua orang tuanya. Salah satu- nya adalah bagaimana menjadi pribadi yang kuat dan matang dalam menghadapi setiap tantangan.

Di dalam kamus hidupnya, tidak ada kata ”menyerah”. Ia percaya bahwa setiap hari selalu ada harapan dan kesempatan baru untuk mewujudkan apa yang kita inginkan. “Terserah apakah kita bisa bangkit untuk hadapi tantangan atau kita meny- erah, sehingga kita hanya menjadi biasa-biasa saja. Atau lebih buruk, gagal,” kata penyuka travelling ini.

Menyukai Tantangan 

Menjadi seorang pimpinan yang harus mengendalikan tim dengan orientasi bisnis jelas tak selalu mudah. Tantangan pasti selalu ada. Namun, tantangan itu tidak ia lihat sebagai sebuah masalah besar. “Kehidupan akan benar-benar membosankan jika semuanya berjalan terlalu lancar, kan? Tantangan membuat pekerjaan kita menjadi menarik dan menyenangkan,” katanya sambil tersenyum.

Ya, hidup memang tidak selalu berjalan mulus. Ada saat ketika semuanya terasa begitu mudah. Namun, ada saat juga ketika semuanya terasa begitu sulit. “Tapi yang saya pelajari adalah saya harus ingat apa tujuan saya dan saya fokus pada tujuan itu. Hal itu menjadi kekuatan untuk menyelesaikan tugas,” sambungnya.

Kalau begitu, apa yang lebih penting? Proses? Ataukah hasil? Dengan mantap ia mengatakan bahwa dua-duanya sangat penting. Yang satu bergantung pada yang lain. “Ini pertanyaan ayam dan telur, bukan? Proses adalah saat dimana kita belajar untuk bersabar dan untuk dapat menerapkan pemikiran strategis,” jelasnya.

Jika kita bertahan dalam proses, yang tentu saja berjalan tidak selalu mudah, kita akan meraih hasil yang maksimal. ”Dan hasil akan mengajarkan kita untuk datang dengan strategi baru atau benar-benar membangun kepercayaan diri kita dan memulai tu- juan baru dengan proses baru,” tandasnya.

Tentu suatu hal yang sangat membanggakan jika di dalam MNC Group ini hadir sosok muda, cantik, energik, dan visioner seperti Valencia Herliani Tanoesoedibjo. Sosok muda seperti inilah yang bisa memberikan warna baru. 

More Stories