Ketik pencarian Anda

MNC Community

MNC Media Pastikan Jurnalisnya Kompeten dan Profesional

Foto: Sumber Istimewa

Sebagai perusahaan media terintegrasi yang terbesar di Asia Tenggara, MNC Media Group mengutamakan kompetensi jurnalistik dalam setiap pemberitaan. Menunjang hal tersebut, di penghujung Desember 2018 lalu, MNC Media melalui MNC News Academy menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) sesuai standarisasi Dewan Pers.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir jajaran redaksi MNC Newsroom, salah satunya Atika Suri (Pemred RCTI). “Menjadi pertaruhan bagi pemirsa, bahwa yang bekerja di sini adalah wartawan-wartawan yang memang teruji, kompetensinya diakui,” ucap Atika.

Video: Sumber Istimewa

UKJ yang telah diselenggarakan untuk ke 2 kalinya sepanjang tahun 2018 ini diikuti 29 jurnalis MNC level madya dan utama. Demi meraih kelulusan, para jurnalis harus mencapai nilai minimal 70 dari ketiga model ujian yang kompleks (observasi; tugas tertulis; wawancara tatap muka). “Paling nggak ini pembuktian buat saya pribadi, apakah saya pantas memangku level ini. Tantangannya yang pasti saya jadi belajar lagi soal kode etik jurnalistik, harus mengerjakan assesment yang banyak. Lumayan bikin pusing,” cerita Andry Susanto, jurnalis MNC yang menjadi salah satu peserta UKJ.

Tantangan tersebut diamini sekaligus disyukuri oleh peserta lain, Vitri Chadarsih. “Alhamdulillah bisa lulus, saya dapet sertifikat dari uji kompetensi. Saya seneng banget,” ungkap Vitri.

Sejak 10 Agustus 2012, MNC telah diakui Dewan Pers sebagai lembaga penguji kompetensi jurnalis. Ke depan, MNC terus berkomitmen dalam mengusung kompetensi jurnalisnya. Dan saat ini MNC telah memiliki 54 jurnalis, 8 dintaranya dengan kapasitas penguji.