Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Usia Tak Patahkan Semangat Untuk Menunaikan Ibadah Haji

Foto : MNC Media

JAKARTA – Ibadah Haji merupakan salah satu dari rukun Islam. Siapa saja yang mampu dapat melaksanakan ibadah di Tanah Suci. Meskipun usia sudah senja sekali pun.

Salah satunya, Sumiyati. Perempuan kelahiran tahun 1912 asal Jombang itu, masih tetap semangat menunaikan rukun Islam ke 5. Ia menjadi jamaah calon haji tertua dengan usia yang menginjak 106 tahun ini.

Menunaikan ibadah haji adalah harapan Sumiyati sejak lama. Keberangkatannya ke Baitullah, ditemani oleh putri kandungnya, Dwi Kaeksi.

Meskipun Sumiyati didampingi oleh putri kandungnya, pihak keluarga meminta pemerintah untuk memberikan perhatian khusus kepada jamaah yang berusia lanjut. Sehingga, bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar.

“Sekarang ibu ini sedang sakit. Mohon doanya semoga cepet sembuh dan bisa melaksanakan rukun Islam yang ke lima” ujar Dwi.

Sekedar informasi, hingga hari kelima kedatangan jamaah calon haji di Tanah Suci, tercatat sebanyak 21.792 orang telah mendarat di Madinah dari 53 kloter. Berdasarkan data Siskohat Kemenag, Rabu (10/7/2019), hingga saat ini tercatat tiga jamaah meninggal dunia. Mereka adalah Khairil Abbas Salim, Mudjahid Damanhuri Mangun, dan Sumiyatun Suwikromo Sutardjan.