Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Umrah Aman dan Nyaman Ala Sindo Weekly

Foto: MNC Media

MALANG – Akhir-akhir ini, marak terjadi penipuan biro umrah dan haji yang mengakibatkan ribuan calon jamaah mengalami kerugian hingga depresi. Tak tanggung-tanggung, kerugian yang diderita calon jamaah bisa mencapai miliaran rupiah. Hal tersebut memicu keprihatinan Sindo Weekly, majalah yang berada di bawah naungan MNC Group.

Bekerja sama dengan biro travel umrah dan haji At Tayibag Al Mutazam Group, Sindo Weekly menggelar dialog bertajuk ‘Meraih Sukses Dunia Akhirat’ di salah satu hotel di kawasan Jalan Pattimura, Kota Malang, akhir pekan lalu. Ketua Pelaksana Dialog Umrah Sindo Weekly Usman mengatakan, dialog ini memberikan edukasi ke masyarakat terkait umrah yang aman tanpa menjadi korban penipuan.

“Ini sebagai langkah edukasi ke masyarakat bagaimana umrah itu bisa aman dan bagaimana membedakan biro – biro travel umrah dan haji yang benaran dan abal-abal,” ungkapnya.

Video: Elok Rosyidah

Hadir sebagai pembicara salah satunya adalah Direktur Utama (Dirut) At Tayibah Al Mutazam Group Rizky Sembada. Dalam paparannya, ia memberikan kiat-kiat umrah aman dan nyaman.

Rizky menyebutkan, ada tiga indikasi travel umroh yang tidak jelas, dan rawan melakukan penipuan. Yakni, harga tidak realistis, bayar di depan tapi tidak jelas waktu berangkatnya, dan tidak mengurus izin tapi beroperasi.

Untuk itu, masyarakat diharapkan selalu waspada. Selama ini, masih banyak yang terjebak akti penipuan travel umrah karena minat masyarakat untuk beribadah luar biasa, dan menginginkan adanya biaya murah.

Baca juga:  Ayo Ikuti Kompetisi Duet Bareng Isyana Sarasvati di MNC Fest

Kondisi inilah yang sering dimanfaatkan para pelaku travel umroh untuk mencari keuntungan pribadi. “Masyarakat harus memperhatikan profesionalitas perusahaan travel umroh, serta harga yang ditawarkan,” tutur Rizky.

Masyarakat juga diimbau memperhatikan rekomendasi dari Kementrian Agama. Selain itu, harus mengetahui ilmunya dengan cara hadir dalam seminar, dialog atau diskusi tentang pelaksanaan umroh.

“Dengan mempelajari ilmu umroh dan haji tersebut, jamaah akan selalu berpikir kritis dan bertanya detail tentang semua hal kepada biro travel, sehingga ibadah umrohnya nyaman, aman, dan diterima Allah SWT,” ungkapnya.

Selain perwakilan dari At Tayibah Al Mutazam Group, hadir pula sebagai pembicara Direktur Haji dan Umrah Bank Muamalat Darma Wahyudi, Ketua Dewan Penasihat At Tayibah Al Mutazam Group Sofyan Baswedan, dan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang Amsiyono.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1
Artikel Selanjutnya