Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Ulang Tahun ke-13, Koran Sindo Gelar Apresiasi Inovasi

JAKARTA – Media cetak milik MNC Group, Koran Sindo memberikan apresiasi kepada 18 perusahaan dan juga Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang dinilai memiliki sejumlah inovasi. Acara bertajuk “Sinergi dan Kolaborasi” tersebut digelar di Hotel The Westin Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (30/7/2018).

Acara apresiasi inovasi ini dilakukan untuk kedua kalinya pada rangkaian ulang tahun ke-13 Koran Sindo. Turut hadir dalam kesempatan ini Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih dan Bupati Trenggalek, Jatim, Emil Dardak, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti Muhammad Dimyati, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes Taufik Madjid, dan para dewan juri.

Hary Tanoe menjelaskan, inovasi dalam sebuah perusahaan sangat penting dilakukan untuk memajukan perusahan tersebut. Untuk itu, sebuah inovasi tidak boleh berhenti di tengah jalan dan harus dilakulan secara terus menerus.

“Sukses harus diperjuangkan terus menerus enggak bisa berhenti. Ini penting untuk terus mampu berkompetisi dan diterima pasar,” ungkapnya.

Artinya, inovasi juga harus dilakukan dalam konteks yang benar dalam segi persaingan pasar, sehingga bisa membuat organisasi atau perusahaan berkembang dan sukses berkelanjutan.

HT menambahkan, inovasi tidak bisa lagi sekadar semboyan, namun harus diterjemahkan secara kontekstual dan terukur secara ilmiah. Peran data analisis dan teknologi informasi (TI) semakin signifikan untuk menghasilkan inovasi yang mendalam. Namun, yang juga penting adalah ke pe mimpinan yang multiperspektif dan sadar inovasi.

Baca juga:  Kisah Perjalanan The Panasdalam dan Fakta Menarik di Film Koboy Kampus

Senada, Pemimpin Redaksi Koran Sindo Pung Purwanto mengatakan, inovasi merupakan hal yang tidak mungkin dihindari. Bagi perusahaan, inovasi juga menjadi kunci dalam pengembangan usaha.

“Inovasi akan sangat berguna kalau dilakukan kolaborasi dengan berbagai pihak,” kata Pung. Dia berharap apresiasi inovasi ini akan memberikan inspirasi bagi perusahaan lain untuk terus berinovasi agar lebih baik ke depan. Menurutnya, inovasi merupakan keharusan di era yang berjalan sangat cepat dan persaingan yang kian ketat.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum para perusahaan mendapatkan apresiasi ini. Dimulai dengan monitoring dan inventarisasi data yang dilakukan oleh tim dari divisi penelitian dan pengembangan Koran Sindo selama satu tahun terakhir terhadap inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh berbagai perusahaan.

Penilaian dilakukan terhadap inovasi dalam berbagai bidang yakni produk dan teknologi, pelayanan dan pemasaran, CSR, dan sumber daya manusia. Hasil monitoring tersebut kemudian dipilah sehingga mengerucut pada belasan perusahaan.

Selain itu, penilaian juga mengacu pada indikator umum dan khusus. Setelah dilakukan penelitian, monitoring dan inventarisasi data sebanyak 18 perusahaan dan Kemendes PDTT dianggap inovatif dan meraih apresiasi ini.

Berikut peraih Apresiasi Inovasi KORAN SINDO:
1. Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak
Kategori Inovasi Produk dan Teknologi: Weigh In Motion

2. PT Bank BNI Syariah
Kategori Inovasi Produk dan Teknologi: Wakaf Hasanah

Baca juga:  Undian MaMen 2, Makin Banyak Peluang Menang

3. PT BANK BNI Syariah
Kategori Inovasi Produk dan Teknologi: Hasanah Lifestyle.

4. PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia
Kategori Inovasi Produk dan Teknologi: Iplan

5. PT AIA Financial (AIA)
Kategori Inovasi Produk dan Teknologi: Digital Experience Evolution

6. Suzuki Indonesia
Kategori Inovasi Produk dan Teknologi: Next II.

7. Damai Putra Group
Kategori Inovasi Produk dan Teknologi: Kota Harapan Indah

8. XL Prioritas
Kategori Inovasi Produk dan Teknologi: Prio Apps Booster

9. PT Epson Indonesia
Kategori Inovasi Produk dan Teknologi: Inkjet Tank

10. PT FWD Life Indonesia
Kategori Inovasi Pelayanan dan Pemasaran: FWD Max

11. PT PP Properti Tbk
Kategori Inovasi Pelayanan dan Pemasaran: PPRO Juara

12. PT Honda Prospect Motor
Kategori Inovasi Pelayanan dan Pemasaran: Honda Galler

13. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Kategori Inovasi Pelayanan & Pemasaran

14. PT Home Credit Indonesia
Kategori Inovasi Pelayanan dan Pemasaran: My Home Credit

15. PT PLN (Persero)
Kategori Inovasi Human Resource: LIKE

16. PT Zurich Topas Life
Kategori Inovasi Human Resource: Zurich Pro E-learning Agent on Boarding

17. PT. AIA Financial (AIA)
Kategori Inovasi CSR: AIA Soccer For The Nation With David Beckham

18. PT Waskita Karya Realty
Kategori Inovasi Pemasaran: Ide dan Strategi Pemasaran

19. Kemendes PDTT
Inovasi: Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1