Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Gak Nyangka, Ternyata Ini Asal Usul Es Teler

Foto : Instagram

MNCUPDATE.COM – Campuran es kelapa dengan alpukat dalam semangkuk es, memang membuat teler alias ‘nagih’ penikmatnya. Apalagi, saat cuaca mulai panas atau setelah seharian berpuasa, menyeruput minuman segar ini pasti nyes!.

Namun, tahu kah kamu asal usul es teler? Minuman ini dapat kita jumpai dimana saja, mulai dari warung kaki lima di pinggir jalan sampai restoran di luar maupun di dalam mall.

Es teler mempunyai nilai sejarah tersendiri. Ia mulai muncul tahun 60an. Penemunya adalah Hj.Samijem Darmo Putro, warga desa Juron, Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Demi menopang hidup, keluarga Darmo Putro merantau ke Jakarta sebagai pedagang buah asongan di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Namun, karena hasil dari berdagang buah dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, keluarga Darmo Putro lalu berinisiatif untuk menjual es buah.

Seiring berjalannya waktu, mereka berinovasi dengan mencampurkan buah nangka, kelapa, alpokat, sirup, dan susu. Tanpa diduga, banyak orang yang suka dengan campuran berbagai buah tersebut.

Fakta lain dari es teler ini adalah, nama es teler itu sendiri yang ternyata diambil dari ungkapan seorang pelanggan yang mengatakan “esnya bikin teler”. Dari ungkapan tersebut es teler dirasa cocok sebagai nama minuman es lezat ini.