Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Tokoh Besar Umat Islam, Tonton Filmnya di iNews

Foto : MNC Media

JAKARTA – Umar bin Khattab ditunjuk sebagai khalifah kedua dalam sejarah Islam. Masa pemerintahannya yakni mulai tahun 634 M hingga 644 M.

Umar bin Khattab mempunyai gelar sebagai al-Faruq yang berarti pemisah antara yang benar dan yang batil. Ia juga mempunyai gelar sebagai Amir al-Mu’miniin yang berarti pemimpin orang-orang beriman.

Walaupun Umar telah berlalu dari kita, namun prestasi dan pengaruhnya masih dapat dirasakan hingga kini. Tak heran, sarjana Barat yakni Michael H. Hart memasukkan Umar ke dalam daftar “100 tokoh paling Berpengaruh Sepanjang Masa”.

Dalam bukunya the 100, Hart menulis begini “Sesudah Nabi Muhammad, dia merupakan tokoh utama dalam hal penyerbuan (futuhat) dalam Islam. Tanpa penaklukan-penaklukannya yang secepat kilat, diragukan apakah Islam dapat menyebar luas sebagaimana yang dapat disaksikan sekarang. Penaklukan di bawah kepemimpinan Umar lebih luas daerahnya dan lebih tahan lama, lebih bermakna daripada apa yang dilakukan oleh Charlemagne maupun Julius Caesar, ” (Michael H. Hart, 2005, hal 242)

Video : Elok Nuriyatur Rosyidah

Bersama Rasulullah, ia turut dalam berbagai peperangan antara kaum Muslimin dengan para penentang mereka. Antara lain, Umar terlibat dalam Perang Badar, Perang Uhud, Perang Khandaq, Perang Khaibar, dan Perang Hunain. Di masa kekhalifahannya, Islam juga berhasil menaklukkan Irak, Suriah, Yerusalem, Persia, Mesir, dan lain-lain.

Baca juga:  MNC Play: Internet Pacu Industri dan Tren Kecantikan

Ironisnya, di akhirat hayat sang Khalifah itu dibunuh oleh seorang budak bernama Abu Lu’luah. Umar ditusuk dengan tiga tusukan, yang pertama mengenai dada, kedua mengenai perut dan terakhir mengenai bagian bawah pusar.

Penasaran dengan kebesaran tokoh besar Islam ini? Makanya, tonton Omar bin Khatab setiap hari pukul 03.30 WIB. Hanya di iNews.

“Sang Pemberani Yang Dijamin Surga Oleh Rasulullah. Sosoknya Dikisahkan Dalam Omar bin Khattab. Selama Ramadhan Setiap Hari Pukul 03.30 WIB. #InspiringRamadhaniNews,” tulis @Official_MNCTV.