Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Tips Sukses Ajarkan Anak Berpuasa

Foto : Pinterest

JAKARTA – Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/perjalanan jauh). Namun, mengajari anak puasa sejak dini juga tak ada salahnya.

Selain bisa mendekatkan diri kepada sang pencipta, berpuasa juga bisa menyehatkan tubuh sang buah hati. Meski demikian, sebagai orangtua yang baik, Anda juga tidak boleh memaksakan kehendak pada anak untuk puasa.

Biasanya, anak berusia 2,5 sampai 3 tahun kerap mengikuti kebiasaan orangtua yang memilih untuk berpuasa. Tentunya banyak yang bertanya bagaimana caranya mengajari anak di usia dini untuk berpuasa?

Menjawab hal tersebut Ahli Gizi, Rizal Alaydrus mengatakan bahwa puasa pada anak berusia 2,5 – 3 tahun ada baiknya diajarkan secara bertahap. Hal ini untuk mengetahui kekuatan sang anak dalam menahan rasa lapar saat berpuasa.

“Harus dikenalkan dulu dan didasari oleh kehendaknya sendiri. Dimulai dari 3 jam, lalu enam jam, lanjut ke 12 jam,” jelas Rizal.

Selain itu, Rizal juga mengimbau para orangtua untuk tidak membanding-bandingkan kemampuan anak dengan orang lain seusianya. Pasalnya hal tersebut akan mengganggu mentalnya dan bisa membuatnya tertekan.

“Bila sudah tidak kuat, biarkan mereka berbuka,” lanjutnya.