Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Tips Jitu Investasi Saham

Berinvestasi kian diminati banyak orang. Dengan berinvestasi dengan cermat, uang yang Anda miliki dapat semakin berkembang dan bahkan bisa menjadi bekal di masa depan.

Beberapa jenis investasi yang bisa Anda dilakukan diantaranya investasi emas, tanah, bangunan, saham, dan investasi saham.

Kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai investasi saham. Pasalnya, banyak orang yang belum mengerti apa itu investasi saham. Berinvestasi saham memang bisa memberikan banyak keuntungan tetapi resikonya pun tinggi. Untuk itu anda perlu mengetahui ilmu dan teknik berinvestasi saham yang baik. Terutama bagi pemula, tentu hal ini akan menyulitkan. Terlebih ada 566 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Oleh karena itu, sebagai investor saham anda perlu mengetahui beberapa hal. Berikut tips bagi yang ingin memulai investasi saham.

1. Hilangkan pola pikir “main saham”
Dengan pola pikir “main saham” tentu akan membuat pikiran bawah sadar Anda menjadikan investasi tersebut hanya main-main dan tidak serius. Mindset seperti inilah yang membuat potensi kerugian akan menjadi besar.

Maka itu Anda perlu memperlakukan saham dengan mindset bisnis serta melakukan investasi pada bisnis saham. Pola pikir seperti ini akan menjadi modal awal terbaik untuk menjalankan investasi.

2. Pilih perusahaan yang Anda Kenal
Saat memulai investasi saham, sebaiknya anda memilih perusahaan yang dikenal. Dengan anda memahami betul bidang usaha yang dijalankan perusahaan tersebut, potensi kerugian Anda mengecil.
Sedangkan jika Anda membeli saham di perusahaan yang tidak diketahui dengan jelas, ini malah beresiko rugi.

Baca juga:  VIRAL! Rumah Kurcaci di Kabupaten Agam

3. Dividen
Perusahaan yang berfundamental sehat tentunya akan memberikan dividen atau keuntungan setiap tahunnya. Anda dapat mengukur besarnya dari dividen melalui dividen yield, yaitu nilai dividen per saham yang dibagi harga sahamnya.

4. Profesional dan transparan
Banyak perusahaan yang bisa dipilih untuk menanamkan investasi anda di dalam bursa saham. Pilihlah perusahaan yang memiliki manajemen dan yang dikelola secara profesional, transparan, dan memiliki integritas yang tinggi.

5. Laba selalu meningkat
Jika sebuah perusahaan membukukan penjualan yang meningkat setiap waktunya, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut berjalan baik. Anda bisa melihat dari laporan keuangan yang di-publish setiap kuartal atau 3 bulan sekali.

Kendati demikian, anda juga wajib mencermati dengan baik laporan keuangan perusahaan tersebut, apakah keuntungan yang didapat berasal dari hasil operasional atau dari penjualan aset. Terkadang perusahaan yang memperoleh laba yang tidak berasal dari operasional cenderung kurang berjalan dengan baik.

6. Rasio utang dan nilai buku
Rasio utang atau yang dikenal dengan Pirce to Earning Rationya (PER) merupakan rasio yang menggambarkan bagaimana keuntungan di dalam sebuah perusahaan atau emiten saham terhadap harga saham. Anda bisa membandingkan PER perusahaan yang diminati dengan PER perusahaan lain yang sejenis.

Untuk nilai buku atau Price to Book Value (PBV), jika nilainya semakin rendah maka dapat dikatakan bila saham tersebut masuk ke dalam kategori undervalued. Jenis saham seperti ini sangat baik untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Baca juga:  Awas! Banyak Efek Samping Saat Anda Konsumsi Gula Berlebihan

7. Return on Asset (RoA) dan Debt to Equity (DER)
RoA biasanya digunakan untuk mengukur besarnya kemampuan perusahaan untuk mencetak laba bersih dengan nilai aset yang ada. Semakin besar nilai dari RoA maka perusahaan dapat dikatakan semakin handal dalam mencetak laba.

Sedangkan untuk DER, pilihlah perusahaan yang nilai DERnya rendah. Beberapa investor biasanya menghindari perusahaan yang memiliki nilai rasio utang besar, hal ini karena perusahaan tersebut akan sulit untuk mencetak keuntungan yang diharapkan. Bilai nilai DERnya tinggi, tentunya hasil operasional perusahaan harus dibagi dengan biaya bunga hutang.

8. Pelajari Dengan Baik Sebelum Melakukan Investasi Saham
Sangat disarankan bila Anda mempelajari terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan saham. Meskipun terlihat mudah, investasi saham membutuhkan pengetahuan dan teknik yang tepat agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang seperti diharapkan.

Sumber Okezone.com

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1