Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Tips Berwisata Aman Selama Musim Hujan

Bagaimana rencana akhir pekan Anda di bulan-bulan musim penghujan ini? Ingat ya saat memasuki musim hujan kita mesti menyesuaikan diri dan melakukan persiapan yang sedikit berbeda dibanding saat kemarau.

Jika ingin menyegarkan pikiran sejenak pantai, pegunungan, atau sekedar jalan santai di taman kota, jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati liburan selama musim hujan asalkan memperhatikan beberapa hal di bawah ini seperti dirangkum Okezone:

  1. Sedia payung sebelum hujan

Pepatah yang pas untuk Anda yang sedang bepergian saat  musim hujan. Membawa payung untuk berjaga-jaga sangatlah penting, karena Anda tidak perlu panik akan kebasahan dan mencari tempat untuk meneduh. selain itu, jika Anda tidak ingin repot, bawalah payung yang bisa dikemas sekecil mungkin agar tidak memakan banyak ruang di dalam tas.

  1. Persiapkan peralatan antiair

Ini juga merupakan elemen penting untuk Anda yang bepergian dengan motor ataupun dengan kendaraan umum. Pastikan anda membawa perlengkapan anti air yang sesuai, di antaranya jaket hujan, tas antihujan maupun kantong antiair untuk melindungi ponsel anda.

Peralatan tersebut akan berguna bagi Anda yang terjebak hujan. Membawa bekal jas hujan juga mencegah kita tetap tenang, tidak panik dan terburu-buru mencari tempat berteduh. Sekadar mengingatkan, pengendara sepeda motor sering terlihat mengebut di saat hujan demi menghindari hujan, padahal jalanan yang licin dan ini berisiko kita terjatuh atau bahkan menyebabkan tabrakan dengan pengguna jalan lainnya.

  1. Jangan berteduh di bawah pohon
Baca juga:  Info Liga Inggris: MU Segera Akhiri Kontrak Ibrahimovic

Berwisata di tempat yang dipenuhi pepohonan saat hujan tiba, juga perlu dihindari untuk dijadikan tempat berteduh. Selain pohon tidak benar-benar melindungi Anda dari air hujan, pohon juga cenderung menjadi tempat sasaran tersambar petir. Apalagi posisi Anda berada di tempat yang tinggi dan terbuka. Jadi, jika Anda berada di antara banyak pohon, berteduhlah di pohon yang paling rendah.

  1. Hindari tempat terbuka

Sebisa mungkin jangan memilih tempat wisata yang terbuka. Jika tetap melancong di pantai atau area terbuka lainnya, setidaknya cari yang memiliki tempat berteduh yang mudah dijangkau dan membawa peralatan yang dibutuhkan pada saat hujan turun. Satu lagi, agar liburan berjalan lancar, sebaiknya perhatikan dahulu ramalan cuaca setempat.

  1. Hindari berenang di laut dan pantai

Pertimbangkan juga saran dokter dan pakar lingkungan yang menyebut  air laut lebih rentan tercemar bakteri saat musim hujan. Jadi sebisa mungkin, hindari berenang di laut maupun di kawasan pantai. Hal ini karena polusi mudah terbawa angin atau badai ke laut, sehingga air laut dengan mudah tercemar. Selain itu, pada saat hujan pun gelombang dilaut menjadi lebih tinggi, itu juga bisa berpotensi terjadinya kecelakaan.*

 

 

 

 

 

 

Tags: