Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Tips Aman Transaksi di ATM, ala MNC Bank

Foto: Freepik

MNCUPDATE.COM – Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tentu memudahkan aktivitas kita. Mulai dari mengambil uang, transfer, pembayaran, dan masih banyak lagi urusan perbankan yang bisa dilakukan di ATM. Di bilik berukuran mini tersebut, kita nggak perlu repot ngantre di bank. Penemuan ATM emang berguna banget untuk nasabah.

Namun, kamu jangan terlena sama berbagai kemudahannya. Aktivitas perbankan di ATM ternyata punya risiko juga, loh! Mulai dari modus pencurian, skimming kartu, hingga kelalaian si pengguna ATM itu sendiri.

Ada baiknya, simak 10 tips aman bertransaksi di ATM ala MNC Bank berikut ini.

1. Jaga kerahasiaan PIN dengan baik. Jangan sembarangan kasih tahu berapa PIN-mu, apalagi kepada orang yang baru dikenal, ya! Hehehe.

2. Gunakan kombinasi angka yang unik/nggak gampang ditebak. Jangan masukkan angka 123456, misalnya.

3. Hati-hati memasukkan PIN. Tutuplah kotak angka PIN dengan jari tanganmu.

4. Kenali lokasi mesin ATM. Perhatikan kondisi sekeliling. Hindari bertransaksi di tempat gelap dan sangat sepi. Rawan banget, tuh.

5. Perhatikan mesin ATM tempat bertransaksi. Sebelum memasukkan kartumu, pastikan mesin ATM-nya online, nggak rusak, dan nggak ada gejala yang mencurigakan.

Video: MNC Bank

6. Jangan ada yang tertinggal di mesin ATM, mulai dari kartu, uang, ponsel, dan barang bawaan lainnya.

7. Cek saldo secara teratur. Jangan sungkan untuk cek saldomu, ya, walaupun belum tanggal gajian.

Baca juga:  Jangan Minum Air Dingin Saat Buka Puasa, Lihat Ulasannya

8. Ganti PIN secara berkala. Sebaiknya kamu rutin mengganti PIN dalam waktu yang kamu tentukan, misalnya 3 bulan sekali, atau maksimal 6 bulan sekali.

9. Waspada modus penipuan mengatasnamakan bank, baik via tatap muka, telepon, SMS, maupun e-mail. Petugas bank nggak bakal pernah meminta PIN nasabah.

10. Laporkan kejadian mencurigakan ke MNC Bank Call Center 1500 188. Sebagai bank terpercaya dari MNC Group, MNC Bank punya Call Center yang siap membantu permasalahanmu di ATM. Asal bukan masalah kurang banyak uang, ya! Hehehe.