Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Tingkatkan Literasi, MNC Group Ajak Mahasiswa Kembali ke Media Mainstream

Foto: MNC Media

MNCUPDATE.COM – Sebagai perusahaan media terbesar dan terintegrasi se-Asia Tenggara, MNC Group berkomitmen untuk meningkatkan budaya literasi media, terutama pada generasi muda. Untuk itulah, MNC Group menggelar rangkaian kegiatan media literasi di berbagai kampus di Jakarta.

Paling anyar, MNC Group menyapa sebanyak 100 mahasiswa Universitas Bina Nusantara (Binus), Jakarta Barat, pada Jumat (04/10/2019). Melalui seminar bertajuk “Talkshow Televisi”, MNC Group menghadirkan pembicara handal yakni Wakil Pemimpin Redaksi MNC News, Latief Siregar.

Latief menjelaskan pentingnya media literasi di era banjir informasi seperti saat ini. Sebagai petinggi di MNC Media, Latief turut membeberkan kunci tayangan talkshow di RCTI, GTV, MNCTV dan iNewsTV yang berkualitas namun tetap menarik bagi pemirsa.

Paparan Latief pun sangat komprehensif dan disambut antusiasme para mahasiswa Binus. Pada kesempatan tersebut, Latief mengajak para mahasiswa untuk kembali berkiblat pada media mainstream.

“Untuk mendapatkan informasi yang benar dan terpercaya hanya di media mainstream. Kalau di tempat-tempat lain itu urusan lain, tapi soal keabsahan harus kembali ke media mainstream. Tidak mesti seperti dulu yang menonton di depan televisi, namun dengan melihat di streaming pun bisa. Tapi, itu tetap media mainstream yang menjadi sumber informasi terpercaya,” tuturnya.

Menurut Latief, media mainstream memiliki standar verifikasi dan akurasi dalam penyajian informasi. Sehingga, berita yang muncul sudah terkonfirmasi kebenarannya. Terlebih pada era digital kini, jumlah penonton televisi kian menurun dan beralih ke media alternatif. Sebagai bukti, saat Latief bertanya kepada audiens mahasiswa tentang sumber informasi, sebagian besar mengaku mendapatkannya dari media sosial.

Baca juga:  MNCTV Raih 2 Penghargaan di Anugerah Penyiaran Ramah Anak 2018

“Hoaks itu kenapa begitu mudah menyebar? Karena itu, mereka tidak memikirkan lagi siapa yang bicara, media mana yang mengeluarkan. Karena itu, penting untuk kembali ke media mainstream,” sambung Latief.

Sementara itu, Koordinator Konten Program Studi Broadcasting Universitas Binus, Indra Prawira sangat mengapresiasi kegiatan media literasi ini. Menurutnya, kegiatan ini bermanfaat karena menambah wawasan mahasiswa tentang media.

Sebelumnya, media literasi MNC Group digelar di MNC College dengan menghadirkan Direktur Corporate Secretary MNC Tbk Arya Sinulingga, serta Pemimpin Redaksi GTV Apreyvita Diah Wulansari. Media literasi ini digelar sebagai pre event jelang Hari Ulang Tahun (HUT) RCTI, GTV dan MNCTV.