Ketik pencarian Anda

MNC Terkini

Tingkatkan Literasi, Mahasiswa Harus Aktif Verifikasi Informasi

MAKASSAR – Era media sosial yang menggelontorkan berbagai informasi menuntut adanya penyaringan dan verifikasi guna menangkal berita palsu serta menyesatkan alias hoaks. Hal ini mengemuka pada kegiatan literasi media yang digelar MNC Group di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/10/2018).

Acara ini dihelat dalam rangkaian peringatan ulang tahun MNC Group ke-29. Kepala Biro iNews MNC Media Makassar Yusuf Alfarizi hadir pada acara ini dan berbagi informasi dan wawasan pentingnya literasi di kalangan milenial terutama para mahasiswa.

“Jadi dibutuhkan suatu filterisasi. Suatu wadah atau upaya untuk setiap menyaring informasi yang kita terima. Apakah informasi itu benar ataukah informasi ini memang tidak dipercaya,” jelas Yusuf.

Dia berharap kegiatan media literasi ini nantinya bisa membuat para mahasiswa lebih bijak dalam menggunakan gadget atau gawai. Terutama dalam menerima informasi di media sosial.

Sementara itu, Rektor UMI Makassar Prof Basri Modding mengatakan, kegiatan media literasi ini sangat penting bagi generasi muda khusus bagi mahasiswa. Diharapkan mahasiswa UMI Makassar dapat terus berpacu dengan teknologi.

“Sekarang ini adalah keterbukaan wawasan dari segi teknologi. Tidak bisa tidak. Kalau kita mau maju. Maju terus berpacu pada teknologi. Dan kita harus bergerak cepat. Kita bisa bergerak cepat dengan teknologi,” ungkapnya.

Terpisah, kegiatan serupa juga digelar di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pelita Bangsa Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (15/10/2018). Literasi media dan keuangan ini akan diadakan selama satu bulan ke depan di 29 perguruan tinggi di Indonesia.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1