Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Terkini

Tingkat Polusi Tinggi, Lidah Mertua Mendadak Diburu

Foto: MNCUpdate.com

MNCUPDATE.COM – Bentuk aksi nyata menekan tingkat polusi udara di Ibukota, salah satunya yaitu dengan memasang instalasi gabion di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta. Pemandangan anyar itu bisa kita lihat di Bundaran HI, pada lokasi bekas berdirinya seni anyaman bambu Getah Getih.

Bukan cuma tanaman yang diletakan diatas tumpukan batu dalam kerangkeng besi membentuk tiga pilar saja, tapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga memenuhi dengan ragam tanaman di sekelilingnya. Berbagai tanaman itu mempunyai kesamaan sifat yaitu, anti-polutan atau penyerap polusi udara. Sejumlah tanaman itu antara lain, Sansivieira, bougenville, palem kol, tapak dara, lolipop, dan alang-alang. Tapi taukah anda, diantara tanaman itu ada yang kemampuannya paling baik dalam meyerap polusi udara?

Ya, orang Indonesia biasa menyebut tanaman itu bernama Lidah Mertua. Sebenarnya tak ada filosofi ilmiah terkait sebab tanaman ini diberi label seperti itu, mungkin karena bentuknya yang menyerupai lidah dan ujungnya yang runcing, tajam. Sementara di luar negeri, tanaman Lidah Mertua dinamakan snake plant karena bentuknya yang menyerupai ular. Sedangkan tanaman hias ini memiliki nama latin yaitu Sansevieria trifasciata.

Dikutip dari penelitian yang dilakukan badan antariksa Amerika Serikat (NASA), bahwa ada 107 jenis racun dan polutan yang bisa diserap oleh Sansevieria. Kemudian, sebuah riset yang dilakukan di fakultas MIPA, universitas Brawijaya malang membuktikan bahwa kelas sebesar 100 m3 yang berisi berbagai macam polutan di dalamnya dapat dibersihkan dan diserap habis oleh 5 helai daun lidah mertua dewasa.

Baca juga:  Z-Boys dan Z-Girls Gemparkan Panggung It’s ShowTime Indonesia MNCTV

Selain itu, daun lidah mertua yang kaya akan air ini digunakan di bidang industri pabrik untuk mereduksi racun juga zat-zat kimia berbahaya yang terkontaminasi di dalam ruangan pabrik. Caranya dengan memotong-motong daunnya kemudian menyebarkannya di daerah sekitar pekerja. Racun-racun dari zat kimia akan lebih dulu diserap oleh potongan-potongan daun tersebut sebelum dihirup oleh para pekerja.

Selain bersifat anti-polutan, tanaman lidah mertua juga dapat menambah estetika di lingkungan tempat kamu menanam. Jadi sudah punya lidah mertua di rumah anda?

Tags:
Baruno

MNC Update Managing Editor

    1