Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Ternyata, Daun Pepaya Dapat Obati Demam Berdarah

Foto: Istimewa

Di negara tropis seperti Indonesia, demam berdarah merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sering menjangkiti masyarakat. Ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, gejala yang ditimbulkan adalah demam tinggi, flu, sakit kepala, dan dalam kasus parah dapat menyebabkan kematian dengan cepat. Ngeri banget, ya?

Nah, ternyata daun pepaya dapat dijadikan obat demam berdarah, lho. Seperti dikutip Sindonews pada Rabu (17/7/2019), sejumlah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Medical and Health Science Research melaporkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu mengobati demam berdarah.

Diketahui, banyak efek mujarab dari ekstrak daun pepaya, seperti pengurangan durasi demam, masa tinggal di rumah sakit, dan yang terpenting mencegah kebocoran cairan.

Cara mengolahnya pun nggak sulit. Cuci bersih daun pepaya, lalu potong kecil-kecil. Ambil 50 gram daun pepaya, 50 ml air dingin rebus, dan 25 gram gula. Campurkan semua bahan ini, lalu tumbuk halus dan simpan sekitar 30 menit.

Peras ampas daun pepaya dengan tangan, dan ambil ekstrak jusnya. Minuman ini tahan di kulkas seharian penuh. Pasien demam berdarah bisa meminumnya sebagai sirup, 30 ml tiga kali sehari untuk orang dewasa, dan 5-10 ml tiga kali sehari untuk anak-anak.