Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Terima Kunjungan Dewan Pers, Chairman MNC Group Dorong Regulasi Konvergensi Media Demi Kepentingan Nasional

Foto: MNC Media

JAKARTA – Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) dan para Pemimpin Redaksi MNC Media menerima kunjungan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh bersama anggota Dewan Pers di gedung MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019). Pada pertemuan ini, lebih banyak membahas tentang regulasi di era konvergensi media. Regulasi sangat dibutuhkan untuk melindungi kepentingan nasional.

“Kami berdiskusi bagaimana Dewan Pers dan MNC Group bisa berkolaborasi, khususnya di bidang media untuk kepentingan bersama, kepentingan masyarakat, masyarakat pers, ekonomi nasional dan negara kita,” kata Hary Tanoe.

Di era konvergensi ini, lanjut dia, satu aplikasi bisa mengerjakan semua. Konten terkait dengan pers, video, e-commerce, bisa dikerjakan di satu aplikasi super-apps. Hal ini perlu diwaspadai, sebab umumnya para pemain digital yang besar adalah asing.

Karena itu, MNC Group dan Dewan Pers akan berkolaborasi mengembangkan industri media dengan tetap melindungi pemain lokal di era digital. “Bukan anti-asing, maksud saya bagaimana bisnis itu jalan, industri itu bisa berkembang dengan baik dan tetap melindungi pemain nasional, pemain lokal,” tegas HT.

Sementara itu, Muhammad Nuh mengatakan, aspek regulasi yang mencakup perlindungan industri dan edukasi sangat diperlukan ke depannya. Jangan sampai, regulasi dibuat namun tidak sesuai fenomena riil, salah satunya konvergensi.

Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya itu menyatakan aturan harus melibatkan seluruh sektor sehingga diperlukan pembahasan menyeluruh baik dari pihak pelaku industri, Dewan Pers, DPR, dan kementerian terkait.

Baca juga:  Hobi Selfie? Yuk Ikut Photo Competition Web Series MNCTV "Kilau Aksara"

“Semuanya harus ramai-ramai, karena ini masa depan kita,” tuturnya.

Mohammad Nuh berharap kerja sama Dewan Pers dengan MNC Group bisa menghasilkan yang terbaik bagi kemajuan industri media di Indonesia. Menurutnya, Dewan Pers tak bisa menghadapi sendiri dampak pesatnya perkembangan teknologi terhadap industri media. Butuh sinergi dengan berbagai pihak agar dampaknya positif.

“Dewan Pers sangat berterima kasih bisa bersilaturahim dengan Pak Hary Tanoe, seorang yang bukan hanya berpengetahuan, tapi langsung mempraktikan di dunia digital,” katanya.