Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Tentang Hoaks, Apa Kata Ketua Bawaslu di Depan Insan Pers?

Grafis: Ryo Ardian

JAKARTA – “Ciptakan demokrasi yang bebas dari hoaks,” demikian disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan dalam acara diskusi dengan jajaran MNC Media, di iNews Tower, Rabu (21/11/2018).

Abhan menggarisbawahi tentang pentingnya peran media dalam mensukseskan Pemilu 2019 dengan menciptakan pesta demokrasi bebas hoaks.

Ia menilai, saat ini suasana kampanye sudah sangat terasa, hal tersebut disebabkan pesta demokrasi kian mendekat. Sehingga media sangat diharapkan mampu menyaring infromasi dan ikut menyejukan suasana yang tengah berkembang di masyarakat.

Menurutnya, media memiliki peran sangat penting dalam menyukseskan kontestasi demokrasi ini agar berlangsung bersih, jujur, dan adil. “Kami apresiasi dari teman-teman iNews, MNC Group, memberikan waktu untuk materi terkait kampanye soal larangan dan apa yang boleh dalam kampanye ini,”

Pada kesempatan ini, Abhan dan jajaran redaksi MNC Media berdiskusi dan memberikan pemaparan tentang rambu-rambu aturan pemilu. Hal ini dimaksudkan agar media dapat mengawasi pelaksanaan pemilu sehingga pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh para oknum peserta pemilu dapat diminimalisir.

Abhan menjelaskan, kampanye terbagi dalam dua tahap, yakni mulai 23 September- 13 April. Kemudian pada 24 Maret sampai 13 April 2019 berupa kampanye metode iklan.

“Maka tentu diharapkan tidak memasang dan menerima iklan sebelum tanggal yang ditentukan. Karena kalau itu terjadi bisa dikatagorikan kampanye di luar jadwal dan tentu ada sanksi pidana,” ujarnya.

Baca juga:  Ayo Ikuti Tantangan Berhadiah Jutaan Rupiah dari GTV

Seperti diketahui, tahun 2019 nanti untuk pertama kalinya pemilihan presiden dan pemilihan para anggota legislatif dilakukan serentak di Indonesia. Pada pemilu tahun 2014, pemilu dilakukan dalam dua tahapan yakni pemilihan anggota legislatif pada 9 April dan pemilihan presiden pada 9 Juli.

Pada pemilu nanti, masyarakat akan memilih sepasang presiden dan wakil presiden, 575 anggota DPR RI, 136 anggota DPD, 2.207 anggota DPR Provinsi, dan 17.610 anggota DPRD Kota/Kabupaten. Ada 16 partai yang mempertarungkan para calonnya, plus empat partai daerah yang bersaing di Aceh.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1