Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Tekad Chef Axhiang Lestarikan Kuliner Nusantara

JAKARTA – Sudah tidak diragukan lagi bahwa Indonesia memiliki beragam kuliner yang kaya cita rasa. Peminatnya pun makin banyak sejalan dengan upaya pelestarian memacu popularitas kuliner nusantara kian mendunia.

Melihat hal ini, salah satu talents dari Star Media Nusantara (SMN), Chef Axhiang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Chef Expo 2018. Dia ingin kuliner nusantara pamornya naik dan bisa dikenal di mancanegara.

Axhiang mengatakan, sangat penting untuk mengangkat kuliner nusantara di acara seperti ini untuk mengenalkan kembali kuliner Nusantara. “Biar bagaimana pun juga, makanan daerah merupakan bagian dari bangsa,” kata Chef Axhiang di Chef Expo 2018, JI-Expo, Kemayoran Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Di acara ini chef cantik jebolan Masterchef Indonesia itu mengenalkan masakan khas Bangka Belitung yaitu mi laksa (lakso). “Selama di Jakarta, saya jarang dengar orang sebut kata Lakso. Selama ini kita tahunya laksa Bogor,” kata Axhiang.

Lebih lanjut ia mengatakan, lakso Babel tidak kalah enak dengan mi laksa lainnya. Yang membedakan lakso Babel dengan yang lainnya adalah kuahnya yang kental dan bersantan. Lakso Babel dibuat dengan seafood seperti ikan dan udang.

Untuk rempah-rempah, Chef Axhiang menggunakan rempah yang berasal dari lokal seperti bawang merah, bawang putih, kencur, ketumbar, lengkuas, lada, kunyit, daun pandan, salam, dan kelapa. Racikan berbagai jenis rempah seringkali mampu membuat juru masak menciptakan masakan lezat.

Baca juga:  Gaet TADA, MNC Bank Bidik DPK 50 Miliar

Sedangkan untuk mi, tidak ada yang berbeda, terbuat dari tepung beras yang diadon hingga kalis dan dicetak.

Menurut Chef Axhiang, memasak mi laksa bisa dilakukan siapa saja. Karena proses masaknya singkat dan bahan-bahan yang dibutuhkan mudah ditemui.

Dalam waktu kurang dari satu jam, Chef Axhiang pun bisa menyelesaikan proses masak laksanya. “Laksa ini bukan masakan susah, jadi tidak perlu trik khusus. Yang penting menguasai proses masak, mengenal aneka bumbu rempahnya untuk membuat kuahnya yang sedap,” pungkas Axhiang.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1