Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Tayang di iNews, Malam Anugerah Kepemudaan 2019 Dorong Prestasi dan Inovasi Generasi Muda

Foto: MNC Media

JAKARTA – Menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar acara bertajuk Malam Anugerah Kepemudaan 2019 di Jakarta Concert Hall, Gedung iNews Tower, Jakarta. Mengambil tema “Bersatu Kita Maju” acara yang digelar di studio milik MNC Group ini menjadi penutup rangkaian Bulan Pemuda yang telah dilaunching pada 1 Oktober oleh Kemenpora.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang turut hadir dalam acara tersebut mengingatkan bahwa tugas pemuda harus menjadi garda terdepan untuk menjaga keutuhan bangsa. Pemuda harus mampu menghadapi gerakan radikalisme dan terorisme yang berupaya merusak dan memecah belah persatuan bangsa.

“NKRI bagi kita harga mati karena itu pemuda harus tampil paling depan untuk mengawal NKRI dari gerakan separatisme, radikalisme, terorisme,” ujar Ma’ruf Amin.

Menurutnya, Sumpah Pemuda harus disesuaikan dalam dimensi ruang dan waktu sehingga perlu dipacu semangat akan cinta Tanah Air. Dia mengakui, Indonesia sebagai bangsa yang besar memiliki tantangan dalam menjaga kutuhan dan kedaulatan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap penghargaan ini dapat memacu semangat dan prestasi generasi muda. “Penghargaan ini bertujuan untuk menggerakkan semua pemuda di seluruh Indonesia supaya mereka bisa berbuat yang terbaik, bisa berprestasi dan berinovasi. Dan malam ini sudah kita lakukan,” tuturnya.

Menurutnya, populasi Indonesia sebesar 267 juta adalah satu potensi yang sangat besar terutama dengan 60% di antaranya berusia produktif. “Kita harapkan dengan penghargaan ini energi-energi positif ini akan lahir,” jelasnya.

Baca juga:  Voice of America Kunjungi Redaksi MNC Media

Malam Anugerah Kepemudaan 2019 tersebut memberikan apresiasi kepada talenta-talenta muda di seluruh Indonesia, yang dikelompokkan ke empat bidang.

Penghargaan yang pertama adalah kategori Pemuda Pelopor. Anugrah Pemuda Pelopor diberikan kepada para pemuda yang menjadi pioneer dan kepeloporan di berbagai bidang. Di antaranya Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Bidang Inovasi Teknologi, Bidang Pangan, Bidang Pendidikan serta Bidang SDA, Lingkungan dan Pariwisata.

Kedua adalah kategori Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi. Jiwa kewirausahaan menjadi salah satu hal yang membangun kemandirian kita sebagai bangsa.

Terdapat enam kategori di bidang kewirausahaan, yaitu bidang Pertanian dan Kelautan, bidang Industri Kreatif, bidang Pangan dan Kuliner, bidang Perdagangan dan Jasa, bidang Teknopreneur, serta bidang Sociopreneur.

Ketiga, ada juga penghargaan yang diberikan kepada Pemuda Hebat, Pemuda Difabel berprestasi dan Pemuda Internasional. Tak hanya individu, pada kategori keempat sejumlah Kota dan Kabupaten juga mendapat apresiasi atas pembangunan kegiatan kepemudaan di daerah.

Tidak hanya memberikan penghargaan, Anugrah Kepemudaan Kemenpora 2019 juga diramaikan oleh sejumlah penyanyi berbakat, seperti Siti Badriah dan Husein Alatas. Acara ini akan ditayangkan oleh iNews TV, Sabtu (2/11/2019) pukul 08.00 WIB.

Video: MNC Media