Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Tangkal Virus Korona, Perkuat Imun Tubuh dengan Ramuan Rempah Khas Indonesia

Foto: Pixabay

JAKARTA – Wabah virus Korona atau COVID-19 tengah melanda berbagai negara dengan jumlah korban terinfeksi dan meninggal yang terus bertambah. Hal ini menyadarkan masyarakat untuk semakin peduli dengan kesehatan.

Sebagai negara yang memiliki kekayaan alami, khususnya bahan baku obat-obatan tradisional dan rempah-rempah, kini masyarakat sudah harus mengoptimalkan potensi di sekitar untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya dengan menkonsumsi ramuan tradisional yang diperoleh secara alami.

Dikutip dari Okezone.com, pakar obat-obatan tradisional dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof Dr Mangestuti Agil Apt MS, mengatakan, ramuan tradisional dan menjalani pola hidup sehat bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak mudah diserang berbagai penyakit.

“Namun, saat manusia lengah dan daya imun itu turun, maka penyakit dan berbagai virus akan mudah datang serta menyebabkan tubuh menjadi sakit,” kata Mangestuti, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga imunitas agar tetap baik, misalnya membuat manajemen stres yang baik, menjaga pola makan, istirahat cukup, dan olahraga teratur. Kemudian mengkonsumsi ramuan tradisional terutama yang tinggi antioksidannya.

“Kunyit misalnya. Rempah yang satu ini memiliki antioksidan yang sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh. Selain kunyit, ada juga jahe. Jika tidak ada waktu membuat minuman dari kunyit, bisa membuat minuman dari jahe,” jelasnya.

“Bisa juga meminum ramuan herbal seperti pokak yang dibuat dari campuran rempah-rempah untuk menguatkan kekebalan tubuh,” sambungnya.

Baca juga:  MNC Life: Kalau Gak Punya Asuransi Gak Gaya

Selanjutnya, menurut Mangestuti bahan dari alam lebih cepat diterima dan menyatu dengan tubuh, cukup dikonsumsi secara rutin dan teratur maka imun tubuh bisa terjaga.

“Meski di era sekarang semua khasiat sudah teruji, diperlukan perhatian kita untuk kembali mengoptimalkan terhadap kesehatan dengan mengkonsumsi rempah-rempah yang ada di sekitar kita,” tutupnya.