Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Peduli MNC Terkini

Tanggap Bencana, MNC Peduli Gandeng OpSAFE Gagas Pelatihan Trauma Healing

Foto : MNC Media

JAKARTA – Sepanjang tahun 2018, telah terjadi beberapa bencana alam besar yang menimpa Indonesia. Sejumlah gempa bumi, longsor, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, hingga fenomena likuifaksi, menelan banyak korban. Bencana alam yang terjadi memberikan luka mendalam bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat yang terkena dampak langsung.

Diawali dengan bencana Longsor di Brebes Jawa Tengah, Gempa di Lombok – NTB, Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala – Sulawesi Tengah, Banjir Bandang di Mandailing – Sumatera Utara, Lalu di penghujung tahun 2018 terjadi Tsunami di Selat Sunda. Berdasarkan informasi dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya selama satu dekade terakhir, jumlah korban jiwa akibat bencana alam di tahun 2018 adalah yang terbanyak.

Tak hanya kehilangan harta benda dalam bencana – bencana tersebut. Hal tersebut dapat menimbulkan trauma bagi masyarakat yang terdampak langsung, khususnya anak-anak.

Dengan melihat keadaan yang saat ini terjadi, MNC Peduli berinisiatif mengundang OpSAFE International mengadakan pelatihan untuk kategori tingkat trainers dengan materi yang bermanfaat untuk mengurangi traumatic pasca bencana untuk anak-anak yang terkena dampak langsung di daerah bencana.

Video : Elok Rosyidah

Demi meningkatkan mutu trauma healing, MNC Peduli bersama OpSAFE Internatiinal melakukan pelatihan bertajuk “Emotional Care for Children After Disaster” selama 3 Hari yaitu 29 – 31 Januari 2019 di MNC Center Kebon Sirih – Jakarta.

Baca juga:  Bukan Kaleng-Kaleng, MNC Life Beri Santunan Death Claim Rp.1.5M

Kegiatan training for trainers ini bertujuan untuk kedepannya agar para peserta dapat melakukan upaya trauma healing secara langsung ke sasaran masyarakat yang terkena bencana dan memberikan arahan yang baik dalam menjalankan program pasca trauma untuk anak-anak yang berumur 6-11 tahun.

Para peserta yang terdaftar dan akan mengikuti kegiatan ini lebih dari 75 orang perwakilan dari berbagai instansi pemerintah yang terkait maupun komunitas sosial ataupun lembaga swadaya masyarakat lainnya.

Setelah program training for trainer ini dilaksanakn, MNC Peduli pun langsung terjun menuju daerah yang terkena dampak bencana di Pandeglang Banten dan akan melaksanakan kegiatan training untuk para relawan dan akan segera melaksanakan kegiatan trauma healing untuk anak anak yang terkena langsung dampak bencana Gempa Tsunami Selat Sunda.