Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Susah Tidur? Ini Siasatnya Biar Nyenyak

Foto : Pixels

JAKARTA – Bagi anda yang kesulitian tidur mungkin ada baiknya mengecek kembali makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Sebab, mengkonsumsi makanan yang minim nutrisi sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur anda.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa nutrisi yang buruk menyebabkan seseorang menjadi kurang tidur. Penelitian ini menyoroti sejumlah besar nutrisi dikaitkan dengan kurang tidur pada wanita dibandingkan pada pria. Namun, jumlah ini bisa dikurangi jika wanita mengonsumsi suplemen makanan.

“Temuan kami menunjukkan bahwa individu dengan durasi tidur pendek mungkin mendapat manfaat dari peningkatan asupan nutrisi ini melalui diet dan suplementasi,” kata Chioma Ikonte selaku penulis utama studi tersebut seperti dilansir dari Times Now News.

Selain temuan pada durasi tidur, penelitian ini mengindikasikan nutrisi sangat berperan dalam gangguan tidur. Seperti kualitas tidur yang buruk dan kesulitan tidur.

Zat gizi mikro merupakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh tetapi tidak diproduksi. Akibatnya, zat tersebut harus didapat dari makanan. Secara global, milyaran orang menderita setidaknya satu kekurangan mikronutrien.

Studi sebelumnya telah menunjukkan peran penting untuk nutrisi mikro dalam pertumbuhan dan perkembangan, pencegahan dan penyembuhan penyakit, dan fungsi tubuh yang normal, termasuk tidur. Magnesium, misalnya, membantu tubuh memproduksi melatonin dan senyawa lain yang terlibat dalam tidur. Beberapa penelitian menunjukkan seng berperan dalam pengaturan tidur.

Baca juga:  Jangan Tergiur Tawaran Haji Kilat

“Namun, apakah tidur durasi pendek kronis menyebabkan kekurangan nutrisi atau kekurangan gizi menyebabkan tidur durasi pendek masih perlu penelitian,” papar Ikonte.

Kesulitan tidur berkaitan erat dengan jumlah asupan kalori, kurangnya mineral seperti selenium, kalsium dan dodecanoic acid. Diet yang kurang bervariasi dan tinggi garam juga disinyalir menjadi penyebab mengapa kamu tetap terjaga di tengah malam. Jadi makanlah makanan yang mengandung Lycopene, Folat, Vitamin C serta Vitamin D agar tidur kamu lebih berkualitas.