Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Sukseskan Pilkada Serentak, MNC Media Racik Program “Pemilu Rakyat 2020”

Foto: MNC Media

JAKARTA – MNC Media menggelar audiensi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), di Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pada kesempatan tersebut, Direktur Pemberitaan MNC Media Ray Wijaya menuturkan, peran media dalam pelaksanaan pemilu tidak dapat dilepaskan setidaknya dalam memberikan edukasi politik kepada masyarakat.

Oleh karenanya, MNC Media akan ikut berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan yang dapat menunjang kualitas demokrasi pada 2020 mendatang melalui program khusus dengan tema ‘Pemilu Rakyat 2020’. Menurutnya, dengan jangkauan luas dan berpengalaman, MNC Media memastikan setiap kegiatan akan bermanfaat dengan baik.

“Jadi rasa rasanya tinggal pelaksanaan saja. Nah, kenapa kami datang (ke Bawaslu) karena pada 12 Desember ini akan menjadi penanda bahwa kegiatan besar Pemilu di 2020 dimulai di MNC Media,” tuturnya.

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menilai peran media sangat penting dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia. Media mampu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat secara masif.

Abhan memandang, dalam meningkatkan kualitas demokrasi terutama pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, diperlukan sinergi semua komponen, baik masyarakat maupun stakeholder terkait termasuk media. Media diyakini akan memberikan edukasi politik yang baik demi suksesnya pesta demokrasi itu.

“Media punya peran memberikan sosialisasi pada publik dengan menyampaikan pemberitaan yang edukatif sebagai pendidikan politik pada masyarakat,” katanya.

Dalam konteks menyosialisasikan pendidikan politik itu pula Abhan mengajak media untuk berperan serta meningkatkan kualitas demokrasi, salah satunya dengan menekan politik uang. Menurut Abhan, politik uang merusak sendi-sendi demokrasi Indonesia.

Baca juga:  Tiga Kontestan Ini Siap Melaju ke Babak Grand Final KDI 2019

Ia menambahkan, meski masyarakat telah memiliki pengalaman mengikuti tiga pemilu serentak pada 2015, 2017, dan 2018, Bawaslu akan terus berupaya memperbaiki kualitas kinerja dalam mendukung penyelenggaraan pesta demokorasi tingkat daerah ini. Terlebih, Pilkada Serentak 2020 akan diikuti 270 daerah.

“Harapan kami tentu pilkada langsung ini nantinya prosesnya kan demokratis luber, jurdil pada akhirnya nanti akan bisa terpilih kepala daerah yang amanah yang bisa membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi daerah masing-masing,” kata Abhan.