Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Strategi Talkshow “Polemik” MNC Trijaya: Pendengar Bergeming 2 Jam Tanpa Pindah Frekwensi

JAKARTA – Program Polemik di radio MNC Trijaya terus diproduksi dan sukses menarik perhatian masyarakat. Polemik adalah talkshow radio terpopuler yang bahkan menjadi acuan media-media massa lain lantaran membahas topik terhangat, mungkin juga terpanas, dan isu terkini di masyarakat.

Para pendengar dapat menyimak program ini setiap hari Sabtu mulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB. Ya, durasi Polemik memang selama dua jam. Dan, ini durasi panjang untuk sebuah talkshow, yang artinya para pendengarnya bergeming selama seratus duapuluh menit tanpa ganti frekwensi.

Lantas, apa rahasia redaksi MNC Trijaya mampu membuat pendengar bertahan selama dua jam?

“Kekuatan Polemik untuk membuat pendengar tetap menyimak adalah pemilihan tema dan penentuan narasumber, ” kata Pemimpin Redaksi MNC Trijaya Gaib Maruto Sigit kepada MNC Update beberapa waktu lalu di kantor redaksi MNC Trijaya, iNews Tower lantai 5, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Tema yang ditentukan pun harus memiliki daya magnet tinggi agar membuat orang penasaran. Begitu pula dengan narasumber yang dipilih juga harus kompeten, memiliki kapasitas, dan mempunyai kemampuan artikulasi komunikasi yang baik.

Selain itu, komposisi para narasumber juga harus turut menentukan. Gaib mencontohkan jika dalam satu topik terdapat lima pembicara. Dari lima itu harus ada salah satunya yang berani yang mampu membuat suasana menjadi dinamis, atau bahkan emosional.

Baca juga:  Infokom Elektrindo Bangun Sistem AMR-WILIS

“Artinya dari lima pembicara itu harus ada yang pro, kontra, dan netral. Ini penting sebagai daya tarik. Kami tidak kepingin kayak seminar. Kami ingin semua hadir,” kata Gaib.

Jangkauan Siaran
Dari sisi jangkauan, program Polemik juga dapat didengarkan hingga daerah. Ini juga didukung oleh radio network milik MNC Trijaya. Salah satu radio milik MNC Group ini memiliki jejaring atau radio network di beberapa daerah di Indonesa. Selain Jakarta, ada juga network di Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Medan. Selain itu, MNC Trijaya didukung dengan jumlah radio partner yang tercatat ada 50 radio.

“Khusus untuk Polemik, siarannya di-relay oleh 100 radio di Indonesia. Ini menunjukkan bagaimana Polemik diterima dan ditunggu pendengar. Tentu saja, sebaran pendengar dan jangkauan yang luas ini menarik bagi narasumber dan pengiklan,” ujar Gaib.

Terkait tema Polemik, kata Gaib, pihaknya harus pintar-pintar memilih dan meracik sebuah topik agar dalam perbincangan talkshow bisa menarik disimak seluruh masyarakat Tanah Air termasuk yang di daerah. Tema dan peristiwa yang diangkat adalah yang memberikan dampak dan muatan nasional. Atau, isu lokal yang memiliki dampak nasional seperti pilkada.

“Ketika kami siaran secara network, kami tidak membahas topik yang terlalu lokal. Misalnya trotoar di jalan Thamrin, Jakarta di jam siaran network karena pendengar di Medan tidak mengurusi masalah itu. Tapi kalau Asian Games, itu dampaknya besar sama seperti Bansos atau e-KTP,” pungkas Gaib.

Baca juga:  Tampil Kurang Maksimal, Bianca Jodie Masih Lolos ke Babak Berikutnya

Di Jakarta dan sekitarnya, MNC Trijaya bersiaran di frekwensi 104,6 FM. Memanfaatkan teknologi internet, radio ini juga dapat diikuti melalui streaming di laman MNCTrijayaFM.com dan di telepon pintar dengan mengunduh aplikasi MNC Trijaya FM. *

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1