Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Stimulus Ekonomi Kuat, MNC Sekuritas Optimistis Pasar Modal Kembali “Rebound”

Foto: MNC Media

JAKARTA – Iklim investasi dan prospek bisnis di Tanah Air diyakini oleh para pelaku pasar modal tetap cerah di tengah tekanan ekonomi global. MNC Sekuritas sebagai salah satu perusahaan pialang saham terkemuka, menilai ada beberapa faktor dan indikator cemerlangnya potensi investasi di Indonesia.

Menurut Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina, pemacu optimisme tersebut di antaranya stimulus dari pemerintah, animo perusahaan melakukan Initial Public Offering (IPO), dan faktor fundamental serta kinerja keuangan perusahaan.

“Regulator semakin mempermudah untuk melantai, jadi syarat ketentuan makin mudah. Ini tren yg perlu disikapi dengan baik dan direspons positif. Karena kita perlu emiten-emiten berkualitas,” jelasnya.

Kebijakan pemerintah di pasar modal tersebut, lanjutnya, bisa menjadi salah satu pendobrak pasar modal. Pasalnya, kebijakan yang dibuat pemerintah begitu memanjakan dan juga semakin mempermudah para stakeholder pasar modal. Dia juga mencermati minat perusahaan menggelar IPO tidak turun. Bahkan, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, antusiasme IPO sepanjang dua tahun ini menguat. Beberapa faktor itulah yang mendongkrak optimistisme pasar modal bisa kembali menebal dan mencatatkan rebound, baik naik secara tingkat harga dan volume saham yang diperdagangkan alias rebound.

Sebagai gambaran, berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) per 6 September 2019, jumlah perusahaan yang telah mencatatkan saham di bursa mencapai 648 emiten. Sementara hingga akhir tahun lalu, jumlah perusahaan yang mencatatkan saham di BEI mencapai 619 emiten dengan penambahan 57 emiten baru sepanjang 2018.

Baca juga:  Nge-host di Family 100, Ananda Omesh Bikin Kuis Lebih Fresh

Begitu pula performa fundamental korporasi yang terus melakukan operasi usaha, ekspansi produksi dan perluasan pasar. Dengan kinerja bisnis positif pula, perusahaan-perusahaan MNC Group turut berkontribusi dalam melejitkan ekonomi nasional dan juga menggairahkan transaksi di pasar modal. PT MNC Investama Tbk, misalnya, perusahaan yang memiliki kode emiten BHIT itu menjalankan 4 bisnis utama. Antara lain, bisnis media, bisnis property & resort dan bisnis jasa investasi lainnya. Dengan sinergi yang terjadi antar unit bisnis tersebut, pastinya akan menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Selanjutnya, PT MNC Kapital Indonesia Tbk atau memiliki kode emiten BCAP itu, juga tak kalah menariknya sebagai tempat untuk investasi. Asal tahu saja, pada kuartal I 2019, BCAP memiliki total aset sebesar Rp18,53 triliun. BCAP sendiri menawarkan ‘one stop financial solution’ bagi masyarakat dengan membawahi beberapa unit bisnis keuangan, seperti MNC Bank, MNC Finance, MNC Leasing, MNC Sekuritas, MNC Asset Management, MNC Insurance, MNC Life dan MNC Teknologi Nusantara.