Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Smart SIM, Segini Tarif Pembuatan Berikut Fitur Canggih di Dalamnya

Foto : MNC Media

JAKARTA – Dalam waktu dekat, Polri akan meluncurkan SIM (Surat Izin Mengemudi) baru yang disebut Smart SIM. Nantinya, Smart SIM akan dilengkapi chip dengan fitur canggih, sehingga dapat berfungsi sebagai uang digital atau lebih dikenal dengan e-money.

Rencananya, Smart SIM akan diluncurkan pada tanggal 22 September 2019. Menariknya, semua pelanggaran lalu lintas akan tercatat dengan valid, pelanggaran ringan, sedang, dan berat di dalam SIM baru tersebut.

Menurut Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Hery Sutrisman, setelah Smart SIM diluncurkan nantinya pembuatan atau perpanjangan SIM akan langsung memakai model Smart SIM tersebut. “Otomatis demikian, jadi masyarakat yang mau perpanjang atau baru mau bikin SIM, akan langsung menggunakan Smart SIM ini, tidak lagi yang model lawas,” kata Hery.

Lalu bagaimana dengan masyarakat yang masih menggunakan SIM lama?

Hery menjelaskan tidak melarang bagi masyarakat yang ingin mengganti SIM model lamanya dengan Smart SIM. Hal ini bisa dilakukan langsung di Satpas terdekat, namun tentunya akan ada biaya yang harus dibayar. Tanggungan biaya yang dimaksud adalah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Artinya harga untuk membuat atau memperpanjang dengan Smart SIM tetap sama dengan harga SIM saat ini.

“Tidak ada kenaikan harga soal Smart SIM, kita meningkatkan kualitas SIM baik secara fisik yang kasat mata maupun teknologi tanpa menaikkan harga. Jadi selain kita luncurkan Smart SIM, dari sisi service juga smart, ini sejalan dengan perintah dari Presiden Jokowi dalam rangka menuju era 4.0,” ujar Hery.

Baca juga:  MNC Play Dukung MNC Asset Management Bidik Generasi Milenial Berinvestasi Reksa Dana

Dari data yang dirangkum MNCUpdate berikut ini daftar harga pembuatan SIM di tahun 2019.

1. SIM A

Pembuatan SIM: Rp120.000
Perpanjang SIM: Rp80.000

2. SIM B1

Pembuatan SIM: Rp120.000
Perpanjang SIM: Rp80.000

3. SIM B2

Pembuatan SIM: Rp120.000
Perpanjang SIM: Rp80.000

4. SIM C

Pembuatan SIM: Rp100.000
Perpanjang SIM: Rp75.000

5. SIM D (Penyandang disabilitas/berkebutuhan khusus)

Pembuatan SIM: Rp50.000
Perpanjang SIM: Rp30.000

6. SIM INTERNASIONAL

Pembuatan SIM: Rp250.000
Perpanjang SIM: Rp225.000

Cara mengisi saldo di Smart SIM

Smart SIM memiliki banyak keunggulan, seperti dapat digunakan untuk membayar Tol, belanja, naik kereta api dan lain sebagainya. Sebagai tahap awal, Polri baru bekerjasama dengan BNI, tetapi ke depan Polri bisa menggandeng semua bank, seperti Mandiri, BRI, hingga BCA.

Untuk mengisi saldo di Smart SIM sama seperti top up pada kartu e-toll. Anda juga bisa mengisi melalui ATM atau mini market. Adapun batas maksimum saldo yang bisa diisi mencapai Rp 2 juta. Tetapi, tergantung dari pemilik Smart SIM itu, mau diaktifkan atau tidak fitur pembayaran elektroniknya.