Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Small is Beautiful: Serunya Jalan-jalan ke 3 Kota Terkecil di Indonesia

Foto: magelangkota.go.id

JAKARTA – Di Indonesia terdapat 500 kabupaten dan kota dengan luas wilayah yang berbeda-beda. Dikutip dari Okezone.com, Kamis (12/3/2020) disebutkan ada tiga kota di Indonesia yang memiliki wilayah terkecil.

Meski memiliki wilayah mungil, justru inilah yang membuat ketiga kota ini unik dan memiliki keindahan sebagai magnet wisata bagi para pejalan. Berikut tiga kota dengan luas terkecil di Indonesia yang menarik disambangi.

1. Kota Sibolga

Salah satu kota di Sumatra Utara ini memiliki beberapa tempat wisata menarik, antara lain Pulau Putri yang hanya berjarak kurang lebih 12 km dari pusat Kota Sibolga. Pulau ini mempunyai keistimewaan tersendiri dengan pemandangan pantai dan bawah lautnya nan cantik.

Kemudian, ada Benteng Simare-mare yang merupakan peninggalan penjajahan Jepang. Kunjungi juga Bukit Tor Simarbarimbing di Desa Angin Nauli, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga untuk melihat pemandangan indah Kota Sibolga dan Teluk Tapian Nauli dari ketinggian.

Berdasarkan data BPS Kota Sibolga, luas wilayahnya hanya 10,77 km persegi atau 107.700 hektare yang terdiri atas 88.900 hektare di daratan di Pulau Sumatera dan 18.800 hektare daratan berupa kepulauan. Kota ini hanya punya empat kecamatan yaitu Sibolga Selatan, Sibolga Sambas, Sibolga Utara, dan Sibolga Kota. Di kota ini kecamatan terkecilnya adalah Sibolga Sambas yang luasnya hanya 1,57 km persegi.

Baca juga:  The F Thing Gaet Nominator Grammy Di Acara Festival Musik Futurepublic

2. Kota Magelang

Kota terkecil di Jawa Tengah ini hanya memiliki luas 18,54 km persegi. Dengan kata lain, luas kota ini hanya sekitar 0,06 persen dari luas wilayah Provinsi Jawa Tengah. Meski begitu, Kota Magelang merupakan ibu kota eks Keresidenan Kedu yang meliputi Kabupaten Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Magelang, Temanggung dan Kota Magelang.

Berbeda dengan Sibolga yang memiliki kawasan perairan laut, wisawatan yang bertandang ke Magelang lebih banyak disuguhi lanskap kota yang berada di antara beberapa gunung.

Di sisi barat kota akan terlihat kanvas alam yang dilukisi dengan keanggunan Gunung Sumbing. Dari sisi timur, Gunung Merapi berdampingan dengan Gunung Merbabu. Keberadaan Gunung Tidar, sebuah bukit yang berada di jantung Kota Magelang, berfungsi sebagai paru-paru kota.

Di kota ini terdapat Taman Kyai Langgeng dan Alun-alun Kota, dua dari banyak tempat untuk rehat. Ragam kuliner juga menggugah cita rasa kita para foodgoer seperti tahu kupat, sup senerek, dan wedang kacang.

Usai menikmati keramahan Magelang, pejalan bisa beranjak mengunjungi Candi Borobudur, yang sejatinya berada di wilayah Kabupaten Magelang. Selain itu, menarik pula untuk mengintip eksotika alam pegunungan di sekitar Kota Magelang.

3. Kota Mojokerto

Kota Mojokerto di Jawa Timur berada di urutan ketiga sebagai kota terkecil di Indonesia. Kota Mojokerto yang terkenal dengan sebutan kota onde-onde ini memiliki luas wilayah 20,21 km persegi.

Baca juga:  Jamaah haji Indonesia Gelombang II Kembali ke Tanah Air

Kota ini punya 3 kecamatan yaitu Magersari yang menjadi terluas yaitu 8,08 KM2 (40%), Prajurit Kulon dengan luas 7,41 KM2 (38%), dan Kranggan dengan luas 4,72 KM2 (22%). Pada 2018, kota ini dihuni sekitar 143.377 jiwa.

Di Mojokerto, alun-alun yang terletak di pusat kota merupakan tempat rekreasi sekaligus sebagai sarana bersantai bagi keluarga di akhir pekan. Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi destinasi lainnya, seperti Candi Bajang Ratu, Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur dan Air Terjun Coban Canggu.

Siap berpetualang ke tiga kota terkecil di Indonesia tersebut? Jangan lupa update informasi Anda tentang traveling di lifestyle.okezone.com/travel. Dan, untuk memudahkan perjalanan Anda, Mister Aladin dan MNC Travel siap membantu Anda dalam mengatur segala urusan akomodasinya. Ayo, segera kunjungi misteraladin.com dan mnctravel.co.id untuk mendapatkan penawaran istimewa!