Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

SINDOnews.com dan The Political Literacy Pacu Literasi Politik

JAKARTA – SINDOnews.com yang merupakan situs berita online milik MNC Group dan The Political Literacy Institute menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk membuat kanal khusus literasi politik pada laman SINDOnews.com.

Nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Pemred Koran Sindo dan SINDOnews.com, Pung Purwanto serta Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute, Gun Gun Heryanto. Turut hadir Deputi Direktur bidang Politik The Political Literacy Institute, Iding Rasyidin dan Wapemred Koran Sindo dan SINDOnews.com, Djaka Susila.

Penandatangan itu dilakukan bersamaan dengan penyelenggaraan diskusi publik tentang Konstelasi Politik Jelang Pemilu 2019 di Auditorium Utama Gedung SINDO, Jakarta pada Rabu, 18 Juli 2018.

Pung menuturkan kerja sama ini dilatarbelakangi momentum pemilu yang dinilai tepat untuk melakukan gerakan literasi poltik kepada masyarakat. Untuk itu, pihaknya kembali bekerja sama dengan The Political Literacy Insititue dan nantinya para pegiat institut tersebut akan menulis di portal Sindonews.com pada kanal yang bertajuk “Yuk Nyoblos”.

“Kami pernah melakukan kerja sama dengan Political Literacy di tahun 2014, di situ ada yang namanya kanal, Yuk Nyoblos. Mereka menulis kemudian kami muat dan nanti kami saring untuk dijadikan konten,” paparnya di Gedung Sindo, Jakarta, Kamis (19/7/2018).

The Political Literacy Insitute sendiri merupakan sebuah lembaga yang memfokuskan diri pada kajian komunikasi politik. Lembaga ini beranggota para aktivis muda, mahasiswa, hingga akademisi serta intelektual.

Baca juga:  Saksikan Panasnya Derby London di RCTI

Dikatakannya kemudian,karena respons masyarakat yang positif terhadap kanal Yuk Nyoblos pada 2014, kanal tersebut akan diaktifkan lagi dalam waktu dekat ini. Konten-konten di kanal itu nantinya berfokus pada literasi politik, khususnya untuk anak muda.

Seperti diketahui, pada penyelenggaraan pemilu tahun depan, pemilih didominasi oleh anak muda yang jumlahnya sebanyak 100 juta orang yang sekaligus menentukan kepemimpinan nasional.

“Kontennya nanti fokus di literasi politik. Artikel-artikelnya diharapkan mampu memberi edukasi dan literasi politik, tidak hanya bagi pemilih baru tapi juga untuk masyarakat luas,” terangnya.

Pung menjelaskan, bentuk tulisannya seperti opini tapi singkat yang berkaitan dengan pemilu di antaranya mengenai sistem pemilu, komunikasi politik, kajian-kajian aktual tentang politik. Termasuk pula, misalnya, pembekalan-pembekalan apa yang harus diberikan kepada anggota DPR untuk mengartikulasikan aspirasi masyarakat.

“Penulisnya dari anggota tim Political Literacy Institute. Anggotanya ada ratusan mereka mahasiswa S1, S2, dosen dan memang rata-rata penulis, juga punya interest di politik dan mengkaji politik secara akademis,” katanya.

Ditambahkan oleh Pung Purwanto, konten-konten yang baik dan berkualitas, seperti halnya literasi politik, memang ditujukan untuk memberikan warna pada SINDOnews. “SINDOnews itu real portal news. Jadi, memang pembacanya adalah orang yang benar-benar ingin membaca berita secara mendalam. Ibaratnya online berasa koran,” ujarnya.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1