Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Sindo Weekly Forum: Tangkal Hoax, Masyarakat Perlu Lakukan Swasensor

JAKARTA  Dalam beberapa tahun belakangan ini, adanya media sosial (medsos) tidak hanya dijadikan ajang untuk menghubungkan yang jauh menjadi dekat. Tetapi juga dijadikan wadah untuk menyebarkan berita hoax.

“Pada mulanya medsos berdampak positif tapi dalam beberapa tahun ini menjadi buruk karena untuk menyerang seseorang,” kata praktisi medsos Chamad Hojin dalam diskusi Weekly Forum bertema ‘Mengenal dan Menghadapi Hoax di Era Digital’ di Gedung Sindo, Kamis (22/3/2018).

Layaknya narkoba, hoax dinilai juga bisa merusak bangsa Indonesia karena ia memiliki tujuan untuk menggiring persepsi orang lain sesuai dengan opini pembuat konten. Hal yang perlu dikakukan para netizen ialah melakukan swasensor.

“Untuk mengatasi ancaman non-militer dari era media sosial, lakukan swasensor atau sensor diri sendiri,” ujar Mayjen TNI Hartind Asrin, S.E., Dirjen Strategi Pertahanan, Kementerian Pertahanan RI.

Selain itu, untuk meminimalisir penyebaran hoax, netizen juga dihimbau melakukan verifikasi terlebih dulu, dengan melihatnya di media mainstream sebelum menyebarkan informasi tersebut.

“Media mainstream sangat penting dalam menangkal hoax. Karena media pers untuk menyampaikan informasi perlu tahap-tahapan di-sharing oleh redaktur. Jadi, media mainstream sekarang atau ke depannya masih akan menjadi rujukan,” kata Direktur Jenderal IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) R Niken Widiastuti.

Sekadar informasi, Weekly Forum merupakan ruang diskusi yang diadakan setiap minggu oleh Sindo Weekly. Dalam acara diskusi hari ini mengangkat tema ‘Mengenal dan Menghadapi Hoax di Era Digital’.

Baca juga:  Yuk Jalan-jalan ke 5 Destinasi Pilihan RedDoorz yang Anti-Mainstream

Diskusi menghadirkan beberapa pakar terkait dan juga dihadiri oleh mahasiswa dari universitas terkemuka di Indonesia yakni Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Gunadarma.

Sumber: iNews.id

Tags: