Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Sibuk Bekerja? Begini Kiat Merawat Kendaraan Sehari-hari

Foto: MNC Media

JAKARTA – Anda memiliki mobil? Tapi tak sempat melakukan perawatan dikarenakan kesibukan bekerja.

Padahal, mengabaikan perawatan rutin pada kendaraan, berisiko terhadap kerusakan yang bisa terjadi pada kendaraan. Terlebih jika kendaraan digunakan harian untuk menunjang aktifitas rutin.

Nah, berikut ini kami rangkumkan dari laman Okezone.com, Minggu (9/2/2020) tentang bagaimana langkah-langkah atau cara merawat kendaraan di tengah aktivitas yang padat.

1. Periksa air radiator

Suhu kinerja mesin yang tinggi akibat kurangnya air radiator sebagai penyeimbang suhu mesin menjadi kunci maksimalnya mobil bekerja maksimal.

2. Sistem pelumasan

Oli mesin juga wajib dilakukan pengecekan, penguapan pelumas dalam prosentasi kecil berpengaruh pada pelumasan untuk kinerja perangkat internal mesin. Pengecekan mesin juga perlu dilakukan jika terjadi kebocoran yang membuat oli habis atau berkurang di dalam mesin.

3. Penggunaan air wiper

Saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper.

4. Pengecekan minyak power steering

Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering. Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

Baca juga:  Dapat Poin Tertinggi, Logonta Tarigan Merasa Belum Pantas

5. Ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum

Untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum. Selain itu, gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi terdekat.

6. Aki

Khusus pengguna aki basah, pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level. Isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal.

Itulah beberapa tips bagaimana merawat kendaraan mobil Anda di tengah kesibukan yang sangat padat. Perbaharui terus informasi Anda tentang bagaimana merawat kendaraan di otomotif.okezone.com.