Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Seminar iNews di Trisakti, Aprilia Putri Bagikan Tips Jadi Presenter Andal

Foto: MNC Media

JAKARTA – Presenter iNews Aprilia Putri berbagi kiat kepada puluhan mahasiswa Institut Transportasi dan Logistik Trisakti terkait bagaimana menjadi presenter andal. Hal itu disampaikannya pada seminar yang digelar MNC Group bekerja sama dengan Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti di Aula Rektorat ITL Trisakti, Jalan IPN Kebon Nanas, RT09 RW06, Cipinang Besar, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (21/11/2019).Kegiatan yang bertajuk “How to be a Good News Presenter” itu juga melatih para mahasiswa untuk mengembangkan kepercayaan diri dalam belajar dan berbicara di depan khalayak umum. Dia juga berbagi wawasan dan pengalaman menjadi jurnalis.

“Saya berharap kalian mahasiswa semua bisa lebih berani dalam berbicara,” tutur Aprilia, di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Percaya diri, kata Aprilia, menjadi kunci dalam mengunggulkan karakter diri. Menurutnya, kekurangan pada fisik bukanlah halangan untuk berprestasi. Menurut dia, langkah awal membangun rasa percaya diri adalah menggerakkan kemauan.

“Kalian harus mengunggulkan karakter diri yang unik, menarik, tidak harus cantik atau ganteng, asalkan bisa meyakinkan narasumber dengan fasihnya pengucapan kalian saat berbicara,” sambungnya.

Aprilia yang terjun dalam dunia presenter sejak berusia 19 tahun ini, membagikan kiat-kiat menjadi jurnalistik, di antaranya harus memilki wawasan yang banyak tentang politik, hukum, dan ekonomi. “Paham betul dengan aturan yang ada pada jurnalistik juga penting untuk dipelajari, berani dan pantang menyerah untuk mencari berita dan mengejar narasumber, belajar dan terus semangat,” jelasnya.

Baca juga:  Bikin Penasaran, Sinetron 'Catatan Harian Aisha' Segera Tayang di RCTI
Video: Elok Nuriyatur Rosyidah
Selain percaya diri, seorang presenter atau pewawancara juga pentingnya mengetahui siapa lawan bicaranya dan memperhatikan penempatan intonasi dan pengucapan kata-kata.”Tidak lupa tambahkan ekspresi dan gesture (tubuh) dalam berbicara, karena akan menambah rasa yakin lawan bicara terhadap Anda.<Selain berbagi tips, seminar ini juga disertai dengan simulasi menjadi presenter. Peserta diajak mempraktikkan langsung bagaimana berbicara di depan kamera layaknya presenter.

Selain soal presenter, Aprilia juga membagi kiat-kiat menjadi jurnalis. Hal utama yang mutlak diperlukan jika menjadi jurnalis adalah memperluas wawasannya, mengetahui ragam isu seperti ekonomi, politik dan hukum. Kemudian pantang menyerah dan memiliki kemauan terus belajar.