Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei

Foto : Elok Rosyidah

MNCUPDATE.COM – Selamat Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, tepatnya Kamis ini (2/5).

Hari Pendidikan Nasional yang biasa disingkat Hardiknas memang bukan menjadi perayaan yang mendapatkan jatah libur nasional namun hari yang dirayakan secara luas oleh institusi pendidikan se-Indonesia.

Perayaan Hari Pendidikan Nasional biasanya ditandai dengan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi yang disertai dengan pidato bertemakan pendidikan oleh petinggi-petinggi terkait.

Oh ya tau kah kalian, semboyan pendidikan nasional kita yang diajarkan oleh Pahlawan Ki Hajar Dewantara yaitu “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayani”.

Ing Ngarso Sung Tulodo” “Di Depan memberi contoh”

Kata “tulodo” pada semboyan ini memiliki arti teladan. Itu artinya seorang pemimpin harus dapat memberikan teladan atau harus dapat menjadi panutan. Kita harus dapat memberikan contoh-contoh yang baik terhadap orang-orang sekitar.

Ing Madyo Mangun Karso”-“Di Tengah memberi Semangat”

Kata ” Mangun” memiliki arti membangun sedangkan kata “Karso” memiliki arti niat. Jadi,maksudnya guru harus dapat memberikan inspirasi/motivasti berupa ide ketika berada diantara murid.

Tut Wuri Handayani”- “Di Belakang memberi Dorongan”

Tut Wuri Handayani adalah semboyan pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang dipakai sebagai slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Semboyan ini memiliki maksud seorang guru harus dapat memberikan dorongan dan juga arahan. Kata “Handayani” disini memiliki arti memberikan dorongan .

Baca juga:  Nonton Streaming Nyi Roro Kidul Episode Terbaru di MNC Update

Jadiii, itu sedikit pengetahuan buat kalian yang ingin tau semboyan dari Pendidikan kita.

Pendidikan itu penting, buat kita dan kalian, hormati guru mu, dan Ayo kobarkan semangat belajar, jangan padamkan api penasaran kalian untuk pengetahuan dan pendidikan demi kemajuan negeri ini !