Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Selamat! Dua Wartawan Koran SINDO Menang Lomba Jurnalistik Kemanusiaan

Foto: Fotografer Koran SINDO Makassar Maman Sukirman

MAKASSAR – Dua wartawan Koran SINDO menyabet gelar juara 1 dan 2 dalam Lomba Karya Jurnalistik (Loyalis) Kemanusiaan Tahun 2019. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Ahmad Antoni dari SINDO Jateng dengan judul “Kaum Difabel Mengikuti Kegiatan Syukuran Qurban di Masjid Jami, Jatisari, Mijen, Semarang, Jawa Tengah” menjadi juara pertama. Sedangkan, fotografer Koran SINDO Makassar Maman Sukirman, menjadi pemenang kedua untuk kategori foto dengan judul “Senyum dan Tawa Pengungsi Gempa Palu di Huntara”.

Atas prestasi tersebut, Pimpinan Redaksi Koran Sindo, Djaka Susila mengucapkan selamat dan mengapresiasinya. Ia menuturkan, dua jurnalis Sindonews tersebut memang mempunyai kemampuan yang baik dalam mengabadikan sebuah peristiwa.

“Tentu, Sindonews bangga atas karya-karya mereka. Apalagi ketika karya-karya mereka dihargai oleh pihak luar dalam hal ini ACT,” ujar Djaka ketika dihubungi MNCUpdate.com, di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Djaka berharap, semoga apa yang telah mereka capai menjadi pemicu semangat untuk terus berkarya. Capaian ini juga diharapkan bisa menjadi inspirasi banyak orang.

“Dan ke depan mereka terus memberikan karya-karya yang berdampak kepada semua pihak,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Komunikasi ACT, Lukman Azis mengatakan, lomba tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi ACT agar para insan media semakin kuat meningkatkan publikasi isu-isu kemanusiaan dan pengentasan kemiskinan. Selain itu, lewat lomba ini, ACT mengajak para jurnalis untuk memperkuat jiwa kerelawanan dan kepedulian kepada nasib sesama manusia yang masih mengalami penderitaan akibat bencana alam, konflik, dan kemiskinan.

Baca juga:  Gadis Blasteran Suriname Coba Peruntungan di The Voice Indonesia

“Lomba ini bukan semata-mata ingin bagi-bagi hadiah. Lebih dari itu, ini bagian dari apresiasi lembaga terhadap kerja-kerja para jurnalis di bidang publikasi kemanusiaan,” ujar Lukman.

Lomba bagi jurnalis ini sudah berjalan sejak 6 Desember 2018 dan berakhir pada akhir tahun 2019. Adapun para juara terbagi dari beberapa kategori media yaitu kategori media online, media cetak, dan media TV. Setiap kategori media ini, diambil juara pertama hingga ketiga.

Pemenang ditetapkan dari 122 karya yang masuk dan dinilai oleh dewan juri yang ahli di bidangnya. Melalui pengumuman ini, ACT sampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut serta.