Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Selain Diet, Ini 4 Rahasia Berat Badan Ideal

Foto: Istimewa

Tahukah kamu, ternyata berat badan ideal tak hanya bagus buat penampilan. Tetapi, dapat juga mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti serangan jantung, diabetes, hingga kanker. Dilansir dari iNews.id (4/7/2019), ada 4 cara menjaga berat badan ideal. Kuncinya nggak cuma diet, lho. Berikut adalah ulasan rahasianya.

1. Pilih karbohidrat kompleks


Karbohidrat kompleks seperti ubi jalar, gandum, dan kacang-kacangan sangat baik untuk menjaga berat badan ideal. Karbohidrat jenis ini bakal dicerna lebih lambat, sehingga insulin tidak melonjak tinggi. Lemak pun akan tersalurkan dengan baik, nggak tersimpan menumpuk.

2. Kelola stres


Hormon stres bernama kortisol, ternyata dapat menambah lemak di perut kita. Beberapa penelitian menemukan bahwa lemak di perut adalah hormon, bukan makanan. Pokoknya jangan stres-stres, ya. Nggak mau kan pusing kepala, ditambah badan melar karena stres?

3. Olahraga


Sempatkan waktumu untuk berolahraga minimal 30 menit sehari. Olahraga dapat meningkatkan intensitas untuk berkeringat, dan racun-racun tubuh bakal keluar. Olahraga pun ternyata dapat melepaskan stres, lho. Nggak usah olahraga berat, coba aja berjalan kaki, jogging, dan bersepeda. Tiga kegiatan itu sudah membantu kesehatan tubuhmu.

4. Tidur yang cukup


Banyak orang sering mengabaikan waktu tidur yang cukup, terutama bagi workaholic yang sering begadang dan sudah ngantor lagi di pagi hari. Pastikan kamu tidur setidaknya 6 – 8 jam setiap malam. Kurang cukup tidur dapat mengganggu metabolisme tubuh, dan memicu komplikasi kardio-metabolik lainnya.