Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Sarapan Pacu Prestasi Anak di Sekolah

JAKARTA – Sarapan sebelum bersekolah mungkin sudah menjadi hal yang sulit dilakukan oleh kebanyakan anak usia sekolah saat ini. Ada berbagai alasan mengapa mereka melewatkan sarapan, salah satunya takut terlambat ke sekolah atau misalnya orang tua tidak ada waktu yang cukup untuk menyiapkan sarapan di pagi hari.

Padahal, keuntungan sarapan tidak hanya memberi rasa kenyang, namun banyak manfaat lainnya. Seperti yang dilansir dari sindonews.com, Prof. Dr. Hardinsyah, MS Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia di Jakarta, Selasa pekan kemarin.

Ia mengungkapkan sarapan bergizi terbukti mampu mengembalikan energi tubuh dan membantu meningkatkan konsentrasi pada saat belajar hingga membantu meningkatkan prestasi akademis, menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat sekaligus mencegah anak dari konsumsi jajanan yang tidak sehat.

“Sarapan pada anak itu sangat penting, karena anak yang tidak melakukan sarapan akan cenderung lamban dalam beraktivitas dan memiliki tingkat konsentrasi yang rendah” ungkap dr Ulul Albab, SpOG Perwakilan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDI).

Ia juga menambahkan anak yang jarang atau tidak pernah sarapan akan memiliki cabang otak yang sedikit sehingga menghambat daya pikirnya, namun sebaliknya anak yang selalu sarapan memiliki banyak cabang di otak dan membuat anak lebih cepat tanggap dalam berpikir.

Di sisi lain, perlu pula memperhatikan menu sarapan yakni mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Dengan dipenuhinya nutrisi pada anak, otomatis akan meningkatkan konsentrasi anak ketika di sekolah, sehingga tugas orang tua adalah menyiapkan dan memperhatikan sarapan bernutrisi bagi anaknya.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1