Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Sambil Bawa Anak, Lilik Berhaji Naik Sepeda Motor

Foto : Instagram

JAKARTA – Pergi haji naik motor? Agaknya mustahil ya! Mana mungkin perjalanan sejauh itu hanya dengan menggunakan sepeda motor roda dua?

Namun, yang dilakukan Lilik Gunawan menjawab keraguan kita semua. Ia nekat berangkat ke Tanah Suci dengan sepeda motor, menempuh perjalanan darat dari Indonesia ke Arab Saudi. Mengejutkannya lagi, dia membawa serta anak bungsunya Balda yang baru berusia 4 tahun.

Apakah Lilik tak punya uang untuk biaya haji menggunakan pesawat terbang? Sepertinya tidak, Lilik punya finansial yang cukup karena merupakan anggota aktif DPRD Kabupaten Merangin periode 2014-2019.

Ternyata Lilik punya alasan tersendiri. Menurutnya, jika menggunakan pergi haji menggunakan pesawat, dirinya hanya bisa bertemu dengan orang Melayu dan Arab, sementara jika naik sepeda motor, dirinya bisa bertemu segala macam orang dengan beragam kebudayaannya.

Wah, sungguh pengalamanan yang menarik pastinya, ya guys.

Di tengah perjalanan, dia dan anaknya juga mengumumpulkan 1.000 pesan cinta yang berisi pandangan setiap orang akan arti seorang ibu dan pesan agar kita selalu menjaga dan mencintai ibu. “Sekarang sudah 573 pesan cinta kami kumpulkan. Dan akan kami selesaikan di sisa perjalanan ke Saudi dan kembali ke Tanah Air,” kata Lilik.

Katanya, misi ini juga sebagai bentuk kampanye anti kekerasan terhadap ibu di berbagai negara yang dilewati. Kisah perjalanannya dengan sang anak rencananya akan dibukukan dan diluncurkan akhir 2019.

Baca juga:  Road to Kilau Raya: Bupati dan Masyarakat Tumpah Ruah

Namun, sayangnya perjalanan Lilik sepertinya tak sesuai target. Pasalnya, dirinya kemungkinan tak bisa mengikuti ibadah haji karena masih ada beberapa negara yang harus dilewatinya.

Untuk itu, dia akan mengirimkan surat untuk Raja Salman melalui Kedutaan Besar Arab Saudi di Bangkok untuk bisa mengundang ibu dan istrinya bisa mendapatkan Visa Furoda, yang dibuat secara khusus untuk para jamaah haji menggunakan kuota pemerintah Saudi.

“Saya kejar umroh, sekarang usahakan connecting sama raja salman melalui Saudi embassy di Bangkok untuk haji ibuk sama istri saya,” ujarnya.

Lilik menargetkan sampai ke Mekkah pada 11 Agustus 2019. Ia dan anaknya sudah mengarungi tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei, selanjutnya dia akan melewati Thailand, Myanmar, India, Pakistan, Oman, UEA dan tiba di Saudi.

Lantas kenapa Lilik memilih melakukan perjalanan jauh membawa anak bungsunya?

Pertama karena istrinya mengizinkan walau dengan berat hati. Kedua karna Balda baru berumur 4 tahun sehingga belum sekolah. Ketiga karena Balda memiliki fisik yang lebih kuat dibanding dua kakak perempuannya, Diza dan Difa.

Keempat, dia menyebut Balda sudah terlatih fisiknya di segala medan dan cuaca. Bahkan saat umur dua tahun Balda sudah menginjakkan kaki di Puncak Gunung Agung Bali 3114 Mdpl.

“Kelima karena senyum dan tingkahnya bikin lelah dan putus asa sirna,” ujar Lilik.