Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

RUU Kamtan Siber, Ancam Kebebasan Sipil?

Foto : MNC Media

Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi menetapkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Keamanan dan Ketahanan Siber menjadi RUU usulan DPR pada Juli 2019. Selanjutnya hal ini akan dilakukan pembahasan bersama dengan pemerintah.

Namun pemerintah, saat masih berupaya merampungkan proses penyusunan Daftar Inventaris Masalah (DIM) RUU tersebut sebagai syarat dilakukannya pembahasan bersama DPR.

Hadirnya RUU Kamtan Siber ini ternyata menuai pro kontra di kalangan masyarakat. hal ini disebabkan materi RUU dinilai belum sesuai dengan aturan keamanan siber yang baik. Terdapat sejumlah inkonsistensi pengaturan antar pasal hingga potensi ancaman terhadap kebebasan sipil.

Pemred MNC Trijaya, Gaib M Sigit mengatakan, Diskusi Siber ini adalah salah satu rangkaian kegiatan ulang tahun MNC Trijaya ke 29.

“Kami merasa perlu membahas RUU Keamanan dan Ketahanan Siber ini agar publik memahami apa isi RUU tersebut. Sehingga ada partisipasi dan kritisi dari masyarakat,” ujar Gaib.

Rabu ini, MNC Trijaya siap menggelar Talkshow terkait isu-isu terupdate. Sejumlah narasumber berkompeten akan hadir dalam talkshow yang mengangkat tema ”DISKUSI SIBER, RUU KAMTAN SIBER, TUMPANG TINDIH dan RUGIKAN MASYARAKAT”.

Acara akan digelar di D’Consulate resto & lounge pada Rabu, 21 Agustus 2019 pukul 16.00 WIB hingga 17.30 WIB.