Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Ribuan Peserta Ramaikan Audisi KDI 2018 di Medan

MEDAN – Audisi Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2018 telah rampung digelar di Medan, Sumatera Utara, pada 12-13 Mei 2018. Animo warga Medan dan daerah sekitarnya untuk mengikuti ajang pencarian bakat dangdut legendaris itu, terbilang tinggi.

Sebanyak 1.638 peserta audisi membanjiri lokasi audisi. Namun karena persaingan dan penyaringan yang ketat, hanya 19 yang mendapatkan tiket calon bintang dari Kota Medan.

Satu diantaranya adalah Yenti. Perempuan 21 tahun asal Pasaman Timur, Sumatera Barat, itu mengantongi tiket calon bintang setelah melantunkan ‘Zaenal’ milik Rita Sugiarto. Ketiga juri yang terdiri dari Hetty Koes Endang, Iis Dahlia, dan Bertha, memuji penampilannya.

Menurut Bertha, suara Yenti memiliki identitas dan sesuatu yang baru. “Biasanya, orang menyanyikan lagu Rita Sugiarto akan meniru Rita, begitu pula dengan Iis Dahlia. Kamu berbeda. Saya belum pernah dengar, kamu punya identitas dalam bernyanyi,” ujarnya.

Sementara Yenti yang kesehariannya bekerja sebagai karyawan toko ini tidak menyangka bisa mendapatkan tiket calon bintang dari para juri artis. “Rasanya senang sekali dan tidak menyangka. Kalau nanti lolos sampai Jakarta, saya mau belajar untuk menjadi penyanyi dangdut profesional,” jelasnya.

Tak cukup hanya vokal yang mumpuni, bagi Hetty Koes Endang para peserta yang lolos juga harus mempersiapkan mental sebelum melaju ‘perang’ ke Jakarta.

“Dari segi vokal, sebetulnya mereka memiliki basic yang bagus. Namun ketika nanti masuk asrama, berpisah dengan keluarga, mereka akan merasakan arti ‘perang’ sesungguhnya,” imbuh Hetty.

Baca juga:  Bertukar Jiwa di Kampung Jawara

Karena itu, tambahnya, mereka harus mempersiapkan mental. Sebab setelah masuk KDI, nanti para peserta akan dihdapkan dengan juri yang berjejer dan panggung megah. “Kuncinya adalah persiapkan mental,” kata Hetty kemudian.

Bertha menambahkan, untuk bisa lolos audisi, peserta juga harus siap dengan budaya yang berbeda. “Kalau soal bakat 80 persen mereka bagus. Lagipula Sumatera Utara kan orientasinya ke dangdut dan Melayu jadi enggak mengherankan buat saya,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menyatakan, bagi peserta yang lolos, ini adalah langkah awal. “Akan banyak hal yang harus dilewati di masa yang akan datang. Budaya dan ritme berbeda, mobilisasi yang berbeda, mereka harus siap,” ungkap sang master vocal.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1