Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Ribuan Jamaah Haji Tiba di Tanah Air dengan Selamat!

Foto : Labaik

JAKARTA – Gelombang pemulangan jemaah haji Indonesia terus berjalan. Hingga kini ada 12.747 jemaah yang sudah dipulangkan dari Tanah Suci ke berbagai daerah di Indonesia.

Sedangkan berdasarkan data dari sistem informasi dan komputerisasi haji (Siskohat) Kementrian Agama (Kemenag) pada 19 Agustus tercatat, 10.316 jemaah di antaranya sudah mendarat di Tanah Air. Seluruh jemaah yang dipulangkan merupakan masih bagian dari jemaah gelombang pertama yang bertolak dari bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Kepala Seksi (Kasie) Kedatangan dan Pemberangkat Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Cecep Nursyamsi, mengatakan terdapat 13 kloter yang diterbangkan pada hari pertama pemulangan jemaah haji Indonesia. Adapun gelombang kedua jemaah RI baru akan diberangkatkan dari kota Mekah ke Madinah pada 20 Austus 2019.

Sebagai informasi, jamaah haji mulai dipulangkan pada Sabtu 17 Agustus 2019. Jemaah diminta untuk memperhatikan berbagai larangan terkait barang bawaan di koper atau bagasi. Salah satunya, tidak memasukkan air zam-zam ke dalam tas koper karena setiap jamaah haji sudah dipastikan dapat satu galon air zam-zam sebanyak 5 liter.

Sementara itu, tercatat 231 jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia di Arab Saudi. Salah satunya adalah Kyai Haji Maimun Zubair, seorang ulama dan politikus Indonesia. Ia merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah.