Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

RCTI+ Ditargetkan Sentuh 20 Juta Pengguna Aktif

Foto: MNC Media

JAKARTA – Sejak diluncurkan pada 23 September 2019, RCTI+ mendapatkan sambutan positif dari para pemirsa. Bahkan, pelanggan aktif bulanan (monthly active users/MAU) sebanyak hingga akhir September 2019, sudah sebanyak 1 juta.

Hal tersebut menjadikan RCTI+ sebagai platform OTT Video Streaming yang paling cepat berkembang di negara ini. RCTI+ pun menargetkan MAU melebihi 5 juta dengan estimasi pendapatan USD5 juta pada akhir 2019.

Sedangkan pada tahun depan, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) menargetkan pendapatan dari RCTI+ sebesar USD30 juta. Untuk jumlah MAU, ditargetkan lebih dari 20 juta pengguna.

Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo mengatakan, iklan digital akan semakin legit dan menggantikan bisnis legacy yang masih mendominasi. Menurutnya, iklan digital dan konten berkontribusi sebesar 15% pada semester I/2019 atau meningkat 48% YoY dari Rp839 miliar menjadi Rp2.238 miliar, yang mewakili 25% dari total pendapatan. Dia pun memproyeksikan angka itu bisa menyentuh 40% pada 2022 dan mencapai separuh pendapatan perseroan pada 2024.

“Saya yakin dengan perkembangan terkini di mana iklan digital dan pendapatan konten telah menjadi pendorong pertumbuhan yang kuat,” kata Chairman.

Lebih lanjut, dia menyebut bisnis dari saluran Youtube MNCN juga telah mencapai 1,78 miliar kali penayangan dalam 2 bulan. Dari sisi trafik, perseroan mencapai 21,1 miliar penayangan atau 5,48% trafik penayangan Youtube di Indonesia. Selain mendapatkan posisi yang solid untuk lini bisnis digital, perseroan pun masih berada di posisi teratas untuk pangsa penonton televisi di jam penayangan utama.

Baca juga:  Bebas Polusi, Pulau Ini Cocok untuk Warga Jakarta
Video: Elok Nuriyatur Rosyidah

Tercatat, pada Rabu (2/10/2019), pangsa pemirsa televisi pada jam penayangan utama mencapai 41,8% secara kumulatif dari saluran RCTI, MNCTV, GTV dan INEWS. Konten seperti acara pencarian bakat, pertunjukan musik dan penghargaan menopang capaian perseroan untuk mengunci jumlah pangsa pasar pemirsa pada waktu penayangan utama. Nantinya, sambung Chairman, perseroan bakal menguasai pangsa pasar yang lebih kuat melalui penayangan pertandingan sepak bola, acara penghargaan dan ajang pencarian bakat.

Pada semester I/2019, MNCN merealisasikan pertumbuhan pendapatan sebesar 15,23% dari Rp3,69 triliun menjadi Rp4,25 triliun. Dari sisi laba, pada semester I/2019, MNCN meraup Rp1,15 triliun atau tumbuh 81,79% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni Rp636,5 miliar.