Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Ramadhan, Berkah Bagi Semua Orang

Foto : Pexels

JAKARTA – Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Lalu, dimana keberkahan ramadhan itu ada?

Ustaz Imam Syafi’I dalam tausiahnya di Masjid Bimantara Kompleks MNC Tower, Jakarta, Minggu (12 Mei 2019) lalu menjelaskan, yang dimaksud dengan keberkahan itu adalah bertambahnya nilai kebaikan seseorang untuk semakin bertakwa dan taat kepada Allah. Keberkahan Ramadan juga tidak hanya dirasakan personal atau bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa saja, tapi juga dirasakan seluruh manusia dan alam semesta.

“Musala yang biasanya tidak penuh, menjadi penuh jamaah di Ramadan. Ini menandakan berkahnya Ramadan karena semakin rajin dan meningkatnya ketaatan kepada Allah. Albarokatu hiya ziyadul khoir litho’atillah,” ucapnya.

Keberkahan lainnya bagi lingkungan keluarga, kata Imam Syafi’i, Ramadan menguatkan kembali tali silaturahmi antara orang tua dan anak maupun dengan tetangga. “Di bulan suci ini, banyak orang tua yang sahur dan buka bareng dengan anak dan istri. Ini keberkahan waktu keluarga,” ucapnya.

Ramadan juga memberi keberkahan di bidang ekonomi. Hampir semua pedagang baik makanan maupun pakaian seperti “panen” di bulan suci ini. Karena itu, Imam Syafi’I mengimbau kepada umat Islam untuk meng’azamkan (menguatkan) niat beribadah di Bulan Ramadan agar mendapat limpahan rahmat dan barokah.

“Coba lihat, tiap jelang berbuka hampir semua pedagang takjil terutama gorengan laris dibeli warga. Pedagang pakaian juga sama terutama kalau jelang lebaran. Keberkahan ini tidak hanya dinikmati umat Islam saja, tapi juga masyarakat nonmuslim,” katanya.