Ketik pencarian Anda

MNC Financial Services MNC Media MNC Terkini

Raih Good Corporate Governance Award, MNC Bank Terus Tingkatkan Kualitas dan Mutu

Foto : MNC Media

Jakarta – Pretasi kembali ditorehkan PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank). Kali ini unit bisnis dibawah naungan MNC Group berhasil meraih penghargaan Indonesia Good Corporate Governance Award 2019 yang diselenggarakan oleh majalah Economic Review bekerja sama dengan Indonesia – Asia Institute.

MNC Bank mendapatkan penghargaan sebagai The Big 6 – Indonesia GCG Implementation 2019 untuk kategori Bank Umum BUKU II.

Presiden Direktur MNC Bank Mahdan mengatakan, apresiasi yang diberikan oleh Indonesia GCG Award ini menjadi pemecut semangat manajemen dan karyawan agar konsisten meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik. Pasalnya bila tata kelola adalah salah satu kunci kesuksesan meraih kinerja yang baik.

Apalagi penghargaan ini merupakan apresiasi yang menilai kinerja perusahaan per Desember 2018 serta implementasi tata kelola perusahaan yang baik (GCG) berdasarkan data- data yang tersedia pada publik, seperti laporan keuangan, laporan tahunan, dan informasi pada situs web perusahaan maupun otoritas.

“Penghargaan ini diberikan berdasarkan kinerja. Penerapan tata kelola harus lebih bagus dari sisi kualitas. Termasuk kepada NPL kalau GCG bagus dia turun NPL-nya. Kalau turun GCG-nya, nplnya akan tinggi,” imbuhnya,” ujarnya usai menerima penghargaan di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Mahdan melanjutkan, sepanjang 2018 MNC Bank telah melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas tata kelola, manajemen risiko, serta kepatuhan.

Baca juga:  Faedah Kacang Hijau untuk Buka Puasa

Hasilnya tidak hanya dapat dilihat dari penghargaan terkait tata kelola yang diterima kemarin, serta hari ini. Namun juga dapat dilihat dari positifnya kinerja 2018 yang masih terjaga di paruh pertama 2019.

Sepanjang paruh pertama 2019, MNC Bank telah melaksanakan berbagai strategi untuk meningkatkan tata kelola yang baik serta peningkatan rentabilitas. Hasilnya dapat terlihat dari Laporan Keuangan Juni 2019 yang telah diaudit. Pendapatan bunga bersih Bank pada Juni 2019 Rp203,45 miliar, meningkat 12% dibandingkan Juni 2018 sebesar Rp 181,35 miliar.

NIM pada Juni 2019 sebesar 4,07%, meningkat dibandingkan Juni 2018 3,70%. Dana pihak Ketiga yang dihimpun Bank pada Juni 2019 Rp8,45 triliun. Sementara pada sisi penyaluran pinjaman, MNC Bank mencatatkan penyaluran kredit Juni 2019 Rp7.90 triliun, meningkat 5,27% dibandingkan Juni 2018 Rp7.51 triliun.

Oleh karena itu, apresiasi yang diterima kali ini dianggap sebagai pertanda bahwa usaha yang dilakukan sudah tepat arahnya. Meski demikian, Mahdan mengingatkan, bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan agar bank dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Sangat penting GCG ini bagi bank menghadapi risiko besar termasuk risiko kredit. Dengan GCG yang bagus. memanage gcg. Tata kelola penting tanpa itu sulit bagi bank memanage sistemnya,” kata Mahdan.