Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Media MNC Terkini

Ragam Kisah 18 Juli, Mulai Lahirnya IPM Hingga Nelson Mandela

Foto : MNC Media

JAKARTA – Tanggal 18 Juli menjadi tanggal yang sangat bersejarah di seluruh dunia. Kelahiran tokoh besar, organisasi hingga pertempuran dan pembantaian terjadi di hari ini.

Nah, untuk mengingat kembali, peristiwa apa saja yang terjadi pada 18 Juli, MNCupdate.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. 18 Juli 1195 – Pertempuran Alarcos, penguasa Almohad Abu Yusuf Ya’qub al Mansur mendapatkan kemenangan besar atas Raja Kastile Alfonso VIII.
Perang ini terjadi di dekat Alarcos (Al-Arak dalam Bahasa Arab), di batas selatan Kerajaan Kastilia (Spanyol).

Menurut berbagai sumber korban di pihak Kastilia mencapai 250.000 orang, termasuk para kesatria, bangsawan dan uskup. Pertempuran ini disebut Bencana Alarcos oleh pihak Kastilia dan Pertempuran Darah oleh pihak Muwahidun.

2. 18 Juli 1984 – Pembantaian McDonald’s. Insiden pembunuhan massal ini mengakibatkan 21 orang terbunuh dan 15 lainnya terluka di sebuah restoran cepat-saji McDonald’s di San Ysidro, California. Pembantaian itu dilakukan oleh James Oliver Huberty (41 tahun) dari Canton, Ohio.

3. 18 Juli 1918 – Nelson Mandela, pejuang kemerdekaan dan mantan presiden Afrika Selatan lahir. Ia adalah seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras.

Baca juga:  Lebarkan Sayap, MNC Sekuritas Ekspansi ke Situbondo

4. 18 Juli 1961 – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) berdiri meskipun di tengah berbagai tekanan. Termasuk organisasi induk sendiri, Muhammadiyah. Bahkan para aktifisnya diancam akan dikeluarkan dari sekolah Muhammadiyah bila tetap akan meneruskan rencananya.

Resistensi dari internal organiasi ini disebabkan adanya anggapan yang merasa cukup dengan adanya kantong-kantong angkatan muda Muhammadiyah, seperti Pemuda Muhammadiyah dan Nasyi’atut ‘Aisyiyah, yang pada waktu itu cukup bisa mengakomodasikan kepentingan para pelajar Muhammadiyah. Selain itu, IPM juga sempat berganti nama menjadi Ikatan Remaja Muhammadiyah. Namun setelah Orde Baru tumbang pada 1998, nama IPM kembali digunakan dan didukung penuh oleh PP Muhammadiyah atas dasar rekomendasi Tanwir Muhammadiyah di Yogyakarta tahun 2007.

5. 18 Juli 1695 – Johannes Camphuys, mantan kepala VOC meninggal di Batavia. Ia juga dilahirkan pada tanggal dan bulan yang sama. Gubernur Jenderal Hindia Belanda ini berkuasa di Batavia sejak 11 Januari 1684 hingga 24 September 1691.

Pada 1 November 1652, ia meninggalkan Belanda menaiki kapal Lastdrager yang berlayar ke Hindia. Kapal tersebut mengalami kerusakan pada 2 Maret 1653 hingga karam di Kepulauan Shetland. Camphuys selamat dari bencana tersebut dan melanjutkan perjalanan kembali pada 23 Agustus 1653 menaiki kapal Dragon Gilded. Setelah sampai di Batavia ia diangkat menjadi petugas di kantor kesekretariatan jenderal di Batavia. Di bawah pemerintahannya, sempat terjadi masa damai di Nusantara.

Baca juga:  Dengar Tips Dari Juri Cantik Ini, Para Peserta Audisi Jadi Percaya Diri

Itulah 5 peristiwa penting yang turut mengubah dunia.