Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Puasa, Zaman Now vs Zaman Old

Foto : Istimewa

JAKARTA – Semakin kemari rutinitas bulan Ramadhan sepertinya semakin berbeda. Dari yang namanya ngabuburit sampai buka puasa bersama. Perkembangan zaman dan teknologi menjadi faktornya.

Ya, ngabuburit adalah hal yang paling wajib dilakukan dan biasanya orang akan jalan-jalan bersama teman atau keluarga. Namun, zaman sekarang lebih banyak orang yang menghabiskan waktu untuk bermain smartphone.

Nah, melansir dari Okezone.com, kita akan melihat bedanya puasa zaman dulu dengan puasa zaman sekarang. Yuk disimak.

1. Zaman dulu sibuk ngisi buku Ramadhan, zaman sekarang sibuk mainin smartphone, Bukber ga lagi ngbrl, tapi lebih banyak main hp

Waktu dulu puasa diisi hal-hal yang bermanfaat, dengan mengisi buku Ramadhan dan mengaji. Perbedaan dengan zaman sekarang sangat terlihat. Mereka tengah sibuk bermain smartphone untuk menghabiskan waktu sampai buka puasa.

2. Dulu ribet buka puasa sama apa, sekarang ribet buka puasa sama siapa.

Jaman sekarang sibuk bikin acara bukber, Zaman dulu bingung menentukan menu untuk buka puasa. Tidak seperti sekarang, bingung untuk menentukan buka puasa sama siapa. Zaman dulu buka bersama bersama keluarga menjadi moment yang membahagiakan. Zaman sekarang, lebih banyak buka bersama di tempat makan bersama teman.

3. Waktu dulu batal karena makanan, sekarang batal karena tidak bisa menahan nafsu ke wanita.

Makanan masih kalah sama ngeliat dada wanita. Berpuasa pada zaman dulu, biasanya batal karena makanan. Apalagi bau makanan yang menggugah selera. Nah, untuk zaman sekarang puasa batal karena melihat lekuk tubuh perempuan seksi. Tidak bisa menahan nafsu sehingga berimajinasi terhadap wanita yang seksi.

Baca juga:  Incar Peluang Kerja Sama, Arab Saudi Kunjungi MNC Group

4. Kegiatan saat berpuasa sangat banyak kegiatan dahulu, tapi sekarang lebih banyak tidur

Puasa anak zaman now kebanyakn tidur, Kegiatan waktu dulu banyak dilakukan. Seperti mengaji, membantu orang tua. Untuk zaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Apalagi anak muda yang kerjaannya setiap hari tidur sampai berbuka puasa.

Memang tidur waktu puasa sama dengan ibadah. Alangkah baiknya jika tidurnya tidak kelebihan dan menyebabkan puasanya tidak mendapat pahala.

5. Dulu suka bangunin orang sahur, sekarang susah dibangunin saat sahur, dulu rajin bangun pagi, sekarang tidur mulu kerjanya

Membangunkan sahur dengan menabuh bedug memang sudah ada sejak zaman dulu. Untuk anak mudah membangunkan sahur menjadi hal yang menyenangkan. Tetapi tidak untuk zaman sekarang. Saat waktu sahur tiba sangat sulit untuk dibangunkan. Harus berkali-kali membangunkan anak-anak zaman sekarang.

Nah, itu dia beberapa potret perbedaan saat menjalankan ibadah puasa zaman dulu dan sekarang. kalian termasuk generasi mana nih, dulu apa sekarang?