Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

“Poros Mahasiswa”, Geliat Koran Sindo Pacu Literasi Generasi Muda

JAKARTA – Keberadaan salah satu rubrik di harian Koran Sindo, Poros Mahasiswa, menjadi upaya awak redaksi media cetak milik MNC Group itu untuk turut menumbuhkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia terutama mahasiswa.

Pemimpin Redaksi Koran Sindo dan Sindonews.com, Pung Purwanto menjelaskan, Poros Mahasiswa yang berupa kolom opini ditulis oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia. Semangat Koran Sindo membuat kolom ini adalah untuk mengakomodir dan memfasilitasi generasi muda untuk menumbuhkan kebiasaan menulis dan meningkatkan minat membaca.

“Untuk bisa menulis itu harus membaca lebih dulu. Kalau ingin menulis di koran, membaca koran dan referensi lainnya harus menjadi bagian dari diri dia. Mustahil jarang membaca lalu bisa menulis. Sosmed saat ini sangat menyita waktu, jadi baca buku dan koran tetap kami gelorakan,” ujarnya saat ditemui MNC Update di di Gedung Sindo, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ibarat pepatah, sekali kayuh dua pulau terlampaui. Maka Poros Mahasiswa diharapkan efektif meningkatkan budaya baca dan merangsang untuk produktif menulis. Ditekankan oleh Pung, untuk menyampaikan gagasan dengan baik dan argumen yang mendalam, mahasiswa perlu membaca guna mempertajam wawasan dan memperluas perspektif.

Hal ini sejalan dengan semangat Koran Sindo sejak didirikan tahun 2005 yaitu membuat publik mengonsumsi informasi berkualitas dan juga didorong untuk terbiasa menulis. Pihaknya pun rutin menyelenggarakan kegiatan seperti Sindo Goes To Campus, dan Sindo Goes To School serta memperkenalkan kolom opini tersebut di kampus-kampus.

Baca juga:  Keindahan Sang Danau Legenda, Siap Jadi Destinasi Kelas Dunia

Di acara ini, Koran Sindo memberikan stimulus untuk memantik anak-anak muda menorehkan ide dan pendapat di media massa. Selain berinteraksi dengan mahaswa, Koran Sindo juga menemui mengajak dosen-dosen turut menulis di rubrik opini.

Koran Sindo juga sering bekerja sama dengan iNews TV ketika melakukan kunjungan dan menggelar workshop di kampus. Materinya pun beragam, termasuk salah satunya bagaimana teknik dan kiat menjadi host di program berita. “Ini membuat mahasiswa sangat antusias,” ujar Pung.

Di dalam materi, pihaknya juga kembali menekankan pentingnya membaca dan memahami informasi sebagai poin penting dari kemampuan literasi. “Untuk menjadi penyiar yang baik misalnya, seorang host bisa berbicara dengan berbobot jika terbiasa membaca. Itu tujuan dan misi pentingnya,” kata Pung.

Terkait antusiasme mahasiswa, Pung mengaku para mahasiswa senang sekali didatangi Koran Sindo. Bahkan, banyak alumni Poros Mahasiswa yang kemudian menjadi penulis produktif dan pengamat yang andal.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1