Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Pimpin BOD Forum IV, Chairman MNC Group: “Business Model” dan Sinergi Jadi Kunci Keberhasilan

Foto: MNC Media

BOGOR – MNC Group siap melakukan multiplikasi. Namun, hal itu perlu dilandasi business model yang benar dan tim yang solid sehingga sinergi sangat penting untuk meraih keberhasilan.

Demikian disampaikan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat memberikan arahan di BOD Forum IV MNC Group bertema “Let’s Collaborate to Win” di Lido Lake Resort, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019). Ia menuturkan, sinergi memang sangat penting, namun harus diperhatikan juga urutan langkah untuk meraih keberhasilan.

“Zaman sudah berubah, kita harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Perubahan apapun, dengan kondisi yang ada kita sesuaikan business model kita, baru kolaborasi itu bisa berjalan dengan baik,” tuturnya, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019).

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah business model yang benar. Namun, perusahaan juga harus memastikan business model yang realistis dan sejalan dengan ekosistem.

Setelah itu, langkah kedua untuk mencapai keberhasilan adalah sumber daya manusianya harus dipastikan memiliki manajemen yang benar. “Struktur organisasi yang benar, kultur yang benar, SOP yang benar, yang sejalan dengan business model,” ucapnya.

Ketiga, yaitu sinergi atau kolaborasi. Kolaborasi di dalam tim harus kuat, solid dan baik. Kolaborasi ini mencakup antar-divisi dan antar-perusahaan di dalam MNC Group.

“Kalau kita melakukan urutan seperti ini, kita akan mencapai goal yang lebih baik,” kata pria yang telah memberikan kuliah umum di 200 lebih perguruan tinggi se-Indonesia itu.

Baca juga:  Lebih Paham Tentang Alquran Lewat Tafsir, di Acara Inspirasi Quran

Bila ketiga hal tersebut dilakukan dengan urutan yang benar, kata Chairman, pencapaian akan lebih baik. “Kalau kita melakukan urutan seperti ini, kita akan mencapai goal yang lebih baik,” tuturnya.

Ia menambahkan, selama dua hari penyelenggaraan BOD Forum IV MNC Group, banyak ide-ide kreatif bermunculan. Ada yang merupakan hasil diskusi bersama sebelumnya dengan dirinya, maupun yang dibangun sendiri oleh para peserta. Ide segar itu tersebut sangat menginsipirasi sekaligus ada juga yang berupa perbaikan-perbaikan.

Sementara itu, bagi Chairwoman MNC Group Liliana Tanoesoedibjo, BOD Forum berlangsung dengan luar biasa. “Mereka punya inisiatif dan ada sesuatu yang baru juga, jadi itu adalah sesuatu yang menarik bagi kita semua. Dengan acara ini, mereka makin solid dan berkolaborasi satu dengan yang lain,” tuturnya.

BOD Forum IV MNC Group berlangsung selama dua hari, yaitu 28-29 November 2019. Beberapa rangkaian kegiatan digelar, antara lain meninjau proyek Lido, outdoor activity, dinner and performance night dan berbagai workshop untuk mengembangkan wawasan dan inovasi.