Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Perlu Diperhatikan, 3 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Gigi Kuning

GIGI yang putih bersih menjadi daya pikat tersendiri untuk menunjang penampilan. Namun seiring bertambahnya usia dan faktor gaya hidup, gigi yang dulu putih menjadi kuning secara perlahan-lahan.

Salah satu kebiasaan yang membuat gigi menguning adalah merokok. Namun rupanya tak cuma merokok saja. Ada sejumlah makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi Anda kuning.

Bahkan, ada salah satu buah yang menyebabkan gigi Anda menguning jika sering dikonsumsi dan tidak diimbangi dengan metode penyikatan gigi yang tepat.

Nah, makanan dan minuman apa sih yang menyebabkan gigi kuning? Yuk intip daftar yang dirangkum iNews.id dari She Finds, Rabu (14/2/2018):

1. Soda

Gula yang dalam minuman soda, terutama cola, mengandung sejumlah tinggi asam fosfat yang menggerogoti email gigi dan dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi seperti kuning atau bahkan coklat. Hal ini disebabkan soda bukanlah sumber nutrisi yang bermanfaat, sehingga Anda masih bisa menghindarinya demi memiliki gigi putih.

Tetapi jika itu tidak mungkin, pastikan Anda menyikat gigi segera setelah minum soda untuk mencegah si asam tadi agar tidak berlama-lama di gigi Anda.

2. Kopi

Bukan rahasia umum lagi jika kopi membuat gigi Anda kuning. Mengapa? Sebab dalam secangkir kopi Anda terkandung senyawa tanin yang bertanggung jawab pada perubahan warna gigi Anda. Tanin merupakan jenis senyawa polifenol yang dapat pecah dalam air. Tanin inilah yang menyebabkan senyawa warna dalam kopi lebih mudah menempel di gigi Anda.

Baca juga:  3 Bahan Alami Atasi Batuk yang Tak Bikin Ngantuk

3. Jeruk

Tak banyak diketahui jika buah kaya vitamin C ini dapat membuat gigi Anda kuning. Buah jeruk, lemon, dan tomat memang sangat bagus untuk kesehatan Anda, tapi tidak begitu baik pada gigi Anda.

Sebab, makanan asam ini bisa mengikis email gigi Anda. Email sendiri adalah jaringan keras melapisi bagian gigi yang mengandung kalsium. Fungsi Email gigi ini untuk melindungi tulang gigi.

Tags: