Ketik pencarian Anda

MNC Peduli

Ulang Tahun ke-28, MNC Group Donasi Buku ke Taman Baca di Banten

TANGERANG – MNC Group melalui MNC Peduli turut mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembagian buku bagi anak-anak di Tangerang sebagai bagian tanggung jawab sosial kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

MNC Peduli mendonasikan ratusan buku bagi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bina Karya di Kampung Pangarengan, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten. Pembagian buku itu menjadi bagian dari corporate social responsibility (CSR) untuk meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia.

Head of CSR MNC Peduli, Tengku Havid Ridwansyah mengatakan pembagian buku ini sebagai salah satu rangkaian HUT ke-28 MNC Group. Donasi disalurkan atas kerja sama dengan Komunitas 1001 Buku.

“MNC Peduli berkerjasama dengan Komunitas 1001 Buku untuk menyalurkan buku-buku sumbangan dari penerbit, siswa SMP hingga masyarakat luas,” ujarnya, seusai acara penyerahan buku di TMB Bina Karya, Tangerang, Banten, Rabu (1/11/2017).

Buku yang diperoleh dari sumbangan siswa di Jakarta, dan pirsawan televisi MNC Group yang tergabung dalam MNC Peduli, disalurkan secara konsisten bagi masyarakat. Salah satu lokasi pembagian buku-buku tersebut adalah di TBM Bina Karya Tangerang.

Selain itu, sambungnya, buku-buku yang telah dikumpulkan melalui MNC Peduli bakal disebarkan ke seluruh pelosok Tanah Air. Terutama bagi anak-anak yang membutuhkan buku sebagai sarana belajar, seperti di wilayah Kepulauan Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Relawan Komunitas 1001 Buku, Agustina Paramita, pada kesempatan yang sama mengungkapkan, lokasi TBM Bina Karya yang terletak sekitar 40 kilometer dari Ibukota Jakarta itu telah melalui seleksi secara ketat. TBM Bina Karya merupakan taman bacaan yang dinaungi oleh Komunitas 1001 Buku sejak beberapa waktu terakhir.

Baca juga:  Sambut Ultah ke-28, MNC Group Gelar Aksi Peduli Ciliwung

Dia menilai, anak-anak binaan di TBM Bina Karya tergolong memiliki minat baca yang tinggi tetapi tidak memiliki pasokan buku-buku yang berkualitas. Sehingga, bantuan donasi buku-buku berkualitas dari MNC Peduli diharapkan dapat mendorong literasi anak-anak setempat, termasuk para orang tua.

“MNC Group mendonasikan buku-buku yang cukup berkualitas dan saya pikir inilah momentumnya. Semoga kedepan kerja sama ini tidak hanya di beberapa lokasi, tetapi semakin banyak buku-buku yang diberikan ke taman bacaan di Indonesia,” tuturnya.

Ahmad Bahri, Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bina Karya mengapresiasi kegiatan MNC Group. Menurutnya, melalui donasi buku ini, MNC Group turut mendukung program yang ada di TMB Bina Karya.

“Saya sebagai pegiat ingin berpartisipasi meningkatkan minat baca di sini. Melalui donasi buku dari MNC Peduli saya juga berterimakasih karena koleksi buku di sini menjadi lebih banyak dan semoga bermanfaat untuk warga di sini,” katanya.

Ratusan buku yang dikemas dalam beberapa kotak langsung diserahkan oleh Head of CSR MNC Group Tengku Havid Ridwansyah kepada Pengelola TMB Bina Karya Ahmad Bahri, yang disaksikan oleh Relawan Komunitas 1001 Buku Agustina Paramita.

Puluhan anak-anak usia pra-sekolah tampak antusias menerima donasi buku dari MNC Peduli. Anak-anak yang tengah belajar mengeja huruf dan bernyanyi di bawah bimbingan guru sukarela tersebut langsung berhamburan berebut buku yang dibawa oleh MNC Peduli.

Baca juga:  MNC Peduli – IZI Beri Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Keceriaan tampak tak dapat disembunyikan dari raut wajah anak-anak tersebut. Ditemani oleh ibu masing-masing, anak-anak tersebut berebut memilih buku-buku yang menarik bagi mereka untuk dibaca.

Sebelumnya, MNC Peduli juga telah menyerahkan buku-buku yang dikumpulkan dari siswa dan masyarakat di sejumlah lokasi. Di antaranya, RPTRA Jeruk Manis Jakarta Barat, dan RPTRA Kebon Sirih Jakarta Pusat.*

Tags: